suplemenGKI.com

Senin, 28 Juni 2021

27/06/2021

TITUS DIUTUS

2 Korintus 8:16-24

 

Pengantar
Waspada terhadap orang asing adalah peringatan yang biasa kita baca bila kita berada di tengah keramaian. Sikap waspada membuat kita menutup diri dan curiga kepada setiap orang. Dalam lingkungan tertentu, hal ini tidak selalu berlaku. Misalnya, di lingkungan gereja. Kita diajak bukan untuk sekadar waspada tetapi juga ramah atau terbuka kepada orang-orang yang ada di sekitar kita. Pada hari ini, kita akan belajar tentang keterbukaan jemaat di Korintus yang membuat mereka semakin kuat.

Pemahaman

  • • Ayat 16-21           : Mengapa Titus diutus untuk hadir di tengah jemaat Korintus?
  • • Ayat 22-24           : Apa pesan Paulus kepada jemaat di Korintus?

Titus adalah seorang non-Yahudi yang menjadi Kristen dan bergabung dalam rombongan Paulus sebagai teman sekerja. Ia pergi bersama dengan Paulus untuk menghadiri sidang di Yerusalem (Gal.2:3). Sesudah itu, nama Titus muncul lagi pada surat 2 Korintus akibat persoalan yang ada di sana. Titus diutus untuk menyelesaikan persoalan tentang penolakan Paulus di Korintus dan pengumpulan dana untuk jemaat di Yerusalem. Jemaat di Korintus memang sedang menghadapi beberapa masalah. Masalah-masalah itu diperkirakan muncul setelah Paulus membentuk jemaat di Korintus dan kemudian melanjutkan perjalanannya.

Salah satu masalah besar yang terjadi bagi jemaat di Korintus adalah kehadiran para rasul palsu yang masuk dan merusak ajaran-ajaran tentang Kristus yang sudah diajarkan oleh Paulus (2Kor. 11:12-13). Paulus sendiri menghadapi ajaran mereka dengan menyatakan bahwa mereka terlihat tegas dan keras, tetapi sikapnya lemah dan perkataannya tidak berarti (2Kor. 10:10). Dengan kehadiran Titus di tengah jemaat Korintus akan menjadi kabar baik bagi Paulus, sekaligus kabar baik bagi jemaat di Korintus karena Titus akan melindungi jemaat di Korintus dari ajaran-ajaran yang menyesatkan dan ancaman-ancaman yang akan memecah belah kehidupan jemaat. Untuk itulah, Paulus mengucap syukur atas kehadiran Titus di tengah-tengah mereka. Apalagi, pelayanan Titus diterima dan disambut oleh jemaat di Korintus.

Pelayanan bagi jemaat di Korintus yang dilanjutkan oleh Titus juga menjadi tanda bahwa Paulus memikirkan gambaran pelayanan yang lebih besar. Bukan hanya tentang pelayanan kepada Tuhan, tetapi juga membangun pelayanan kepada sesama (ayat 21). Apa yang dilakukan oleh Titus juga menjadi pembuka jalan bagi hadirnya perubahan dan perbaikan kondisi jemaat di Korintus. Paulus berpesan kepada jemaat di Korintus agar mereka juga menunjukkan kasihnya secara nyata kepada orang-orang yang menolong dan menjaga iman mereka.

Refleksi
Kehadiran Titus di tengah jemaat Korintus menjadi jalan hadirnya ungkapan syukur. Setiap masalah yang sedang dihadapi bisa ditangani bersama. Kristus berperan untuk menggerakkan Titus yang hadir bagi jemaat di Korintus, sekaligus Kristus juga menggerakkan jemaat di Korintus dengan membuka hati mereka untuk menyambutnya. Keterbukaan jemaat di Korintus rupanya menjadi tanda bahwa kerja bersama atau karya bersama di dalam sebuah lingkup pelayanan dapat membuahkan ungkapan syukur yang nyata, sekaligus dimampukan untuk saling merasakan kasih di antara sesama. Persekutuan kita semua selalu merindukan kasih yang dapat saling merangkul dan memberi perhatian, sehingga setiap umat dimampukan untuk mengucap syukur, saling menguatkan, saling memberi semangat, dan saling satu dengan yang lainnya. Dengan demikian, di mana pun kita berada, relasi kita dengan sesama akan menjadi semakin kuat dan semakin sehat, sekaligus mampu menumbuhkan iman bagi setiap umat-Nya.

Tekadku
Tuhan, kami mensyukuri kehadiran orang-orang yang ada di sekitar kami sebagai tanda bahwa Engkau mengasihi kami. Kami juga akan berkomitmen untuk mengungkapkan kasih kami secara nyata kepada sesama kami.

Tindakanku
Saya akan menyapa satu orang yang saya kenal dan sudah lama tidak mendengar kabarnya, dan juga mendoakan pergumulannya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«