suplemenGKI.com

SENIN, 28 APRIL 2014

27/04/2014

LUKAS 24:13-35

“PERJUMPAAN YANG MENGUBAHKAN”

 

PENGANTAR
Di antara berbagai peristiwa yang terjadi setelah kebangkitan Yesus, penampakan Yesus kepada dua murid di jalan ke Emaus ini merupakan bagian yang paling populer dan digemari banyak orang. 

PEMAHAMAN

  1. Ayat 13-21: Menurut Anda, mengapa dua murid ini meninggalkan Yerusalem dan pergi ke Emaus? Bagaimanakah perasaan mereka pada waktu itu? (lihat ay. 17, 21) Apa yang menyebabkan mereka dilanda perasaan seperti itu? (ay. 19-20).
  2. Ayat 22-24: Siapa sajakah yang telah bersaksi kepada mereka tentang kebangkitan Yesus? Apakah mereka percaya kepada kesaksian-kesaksian tersebut?
  3. Ayat 25-32: Apa yang Yesus lakukan agar mereka percaya akan kebangkitanNya? (ay. 25-26, 30) Apa yang membuat mereka mengenali Yesus yang ada di hadapan mereka? (ay. 3-32)
  4. Ayat 33-35. Apa yang mereka lakukan setelah mereka percaya bahwa Yesus bangkit?

Setelah kebangkitanNya, Yesus masih mempunyai pekerjaan yang penting: “membangkitkan” murid-muridNya. Yesus memang sudah bangkit, namun para muridNya ternyata belum. Termasuk dua orang murid ini, yang rupanya telah mengambil keputusan untuk meninggalkan Yerusalem dan kembali ke Emaus. Bagi mereka, sudah tidak ada gunanya tinggal di Yerusalem sebab Yesus sudah mati. Apa yang mereka harapkan tidak terjadi. Mereka kecewa. Mereka tidak lagi mengenali Yesus yang menyapa mereka. Mereka justru sedang berupaya menghapuskan segala kenangan bersama Yesus yang hanya akan menambah kekecewaan mereka. Itu sebabnya, kesaksian teman-teman mereka pun mereka abaikan. Mereka memilih bersikap tidak mudah percaya, daripada dikecewakan untuk kedua kalinya.

Apa yang Yesus lakukan untuk membangkitkan kembali iman mereka?

Pertama, Yesus mengingatkan mereka akan apa yang telah dikatakan para nabi dan yang sebenarnya sudah mereka ketahui. Kedua, Yesus mengingatkan mereka akan pengalaman mereka bersama Yesus. Mereka pernah menerima dari tangan Yesus roti yang dipecah-pecahkanNya.
Syukurlah, setelah Yesus menerangkan isi Kitab Suci, hati mereka berkobar kembali.  Setelah ingat indahnya persekutuan dengan Dia, mata mereka terbuka dan mereka pun mengenali Dia yang sudah bangkit. Mereka bangkit, dan kembali ke Yerusalem untuk memberitakan kabar sukacita itu kepada teman-teman mereka.

REFLEKSI
Mari melihat pada diri sendiri, apakah perjumpaan kita dengan Kristus yang bangkit itu sudah berdampak bagi orang lain? Keluarga, teman sekerja, teman sepelayanan.

TEKADKU
Ya Tuhan, ampunilah jika terkadang aku meragukan kuasaMU, tidak peduli akan kehadiranMu. Tolonglah aku untuk menjadi muridMu yang benar-benar bangkit, sebab Engkau telah bangkit bagiku. Amin. 

TINDAKANKU
Menguatkan seseorang yang Anda ketahui sedang pupus harapan, untuk terus percaya dan berpengharapan serta berjuang bersama Tuhan yang bangkit.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«