suplemenGKI.com

SENIN, 27 MEI 2013

26/05/2013

KEJADIAN 1:26-28

SELALU INGAT TUGAS DARI ALLAH!

 

PENGANTAR
Apa yang saudara harapkan ketika memberi tugas kepada seseorang?  Sudah pasti saudara berharap orang yang menerima tugas itu mau mengerjakannya dengan sungguh-sungguh, dengan cara yang baik dan benar sehingga menghasilkan karya yang nyata dan berguna.  Hal itu bisa terjadi kalau seseorang yang menerima tugas itu memiliki tanggungjawab dalam melaksanakan tugas dan tidak bersikap ‘semau gue’.  Itu pula yang diinginkan Allah bagi kita ketika Dia memberi tugas kepada manusia ciptaan-Nya di dunia ini.

PEMAHAMAN
Bagaimana Allah menciptakan manusia? (ayat 26-27)
Siapakah manusia ciptaan Allah itu? (ayat 26)
Apa tugas yang Allah berikan bagi manusia ciptaan-Nya? (ayat 26, 28)
Sudahkah kita melaksanakan tugas dari Allah?

Ketika membaca ayat 26-27 kita menemukan bagaiamana Allah menegaskan diri-Nya sebagai pencipta manusia serta alam semesta ini.  Tidak ada pribadi atau penyebab lain dari semua yang ada kecuali diri Allah sendiri.  Ada beberapa kebenaran yang patut kita renungkan berkaitan dengan penciptaan manusia: Pertama, manusia diciptakan sesuai dengan gambar dan rupa Allah (ayat 26).  Hal ini tidak terjadi pada ciptaan yang lain.  Manusia adalah gambar Allah di dunia ini.  Artinya, manusia adalah wakil Allah di dunia.  Bukan hanya itu, tetapi manusia adalah tanda kehadiran dan pemerintahan Allah atas segenap ciptaan.

Kedua, manusia merupakan puncak ciptaan.  Manusia diciptakan setelah ciptaan yang lain dengan tujuan supaya manusia terpenuhi kebutuhan dalam hidupnya dan berkuasa mengatur ciptaan yang lain.  Ketiga, manusia dirancang untuk melakukan kebaikan, yaitu ‘berkuasa’ (ayat 28) yang artinya menata dan mengusahakan agar mendapatkan manfaat yang baik dari alam serta memelihara alam semesta.  Karena manusia adalah wakil Allah di dunia, ‘gambar’ Allah, tanda kehadiran Allah atas ciptaan maka tugas “penguasaan” yang dilakukan manusia mempunyai sifat penatalayanan.  Manusia berkuasa atas alam demi Allahnya dan bukan demi dirinya sendiri.  Manusia diberikan tugas ini semata-mata untuk memberlakukan tatanan yang teratur atas alam ciptaan, sebagaimana Allah juga telah mengatur alam semesta dengan ‘amat baik’.  Sebagai orang percaya yang diciptakan seturut dengan gambar-Nya, maka seharusnyalah kita selalu ingat tugas dari-Nya sehingga kehadiran kita menimbulkan keteraturan bagi alam sekitar.

REFLEKSI
Renungkanlah: Gambar Allah pada diri kita tidak hanya ditemukan melalui kualitas rohani, tetapi juga melalui tindakan penatalayanan bagi kebaikan alam sekitar dan keteraturan dalam menjalani kehidupan.  Apakah gambar Allah itu masih ada di dalam diri kita?

TEKADKU
Tuhan, tolong aku untuk selalu ingat tugas yang engkau berikan, bahwa seharusnya kehadiranku sebagai orang percaya menimbulkan keteraturan bagi alam sekitar.

TINDAKANKU

  • Aku akan melaksanakan tugas dari Tuhan mulai dari mengusahakan kebersihan di halaman dan got di sekitar lingkunganku dengan cara _______________.
  • Aku mau melaksanakan tugas dari Tuhan dengan cara tidak memboroskan ______________________ (listrik, air, dll)
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«