suplemenGKI.com

Senin, 27 Maret 2017

26/03/2017

UMAT YANG DIPULIHKAN

Yehezkiel 37:1-11

 

Pengantar
Dosa akan selalu membawa manusia kepada penghancuran. Kata dosa sudah sering kita dengarkan, atau bahkan dosa itu sering kita lakukan. Sehingga terkadang kita tidak lagi menyadari dampak penghancuran dari dosa tersebut. Namun, jikalau kita berada di bawah belenggu dosa itu, kita harus segera menyadari dan segera memohon pemulihan dan pertolongan yang dari Tuhan. Karena hanya Tuhanlah yang memiliki kuasa anugerah pemulihan untuk kita.

Pemahaman

  • Ayat 1-2      : Penglihatan apakah yang ditunjukkan Allah kepada Yehezkiel?Siapakah yang dimaksud “tulang-tulang yang kering” itu?
  • Ayat 3-6     : Apa yang diperintahkan Allah kepada Yehezkiel mengenai tulang-tulang itu?
  • Ayat 7-10  : Bagaimanakah cara Allah membangkitkan tulang-tulang yang sudah kering itu?

Melalui Roh Kudus Yehezkiel melihat di dalam penglihatan suatu lembah yang penuh dengan tulang. Tulang-tulang tersebut melambangkan “seluruh kaum Israel”, yaitu Israel dan Yehuda dalam pembuangan, yang harapannya telah punah ketika tersebar di antara orang asing.Dosa Israel yang disebabkan karena penolakan Israel terhadap firman Tuhan yang disampaikan kepada Yehezkiel membuat mereka terhilang, tak berpengharapan dan sudah menjadi seperti tulang-tulang yang kering.Yekezkiel diperintahkan untuk bernubuat kepada tulang-tulang itu (Ay. 4-6). Tulang-tulang itu kemudian dibangkitkan dalam dua tahap. Tahappertama adalah Tuhan menyatukan kembali tulang-tulang yang sudah kering, memberikan urat-urat, daging dan kulit. Kemudian tahap kedua adalah Tuhan menghembuskan nafas hidup kepadamereka, sehingga merekabisa berjejak (menginjakkan kaki di suatu tempat) dan menjadi barisan tentara yang besar. Tuhan akan membuka kubur-kubur Israel, membangkitkan mereka yang telah mati.

Penglihatan ini diberikan untuk meyakinkan para buangan bahwa mereka akan dipulihkan oleh kuasa Allah dan menjadi masyarakat yang hidup di tanah perjanjian lagi meskipun keadaan mereka sekarang sedang dalam penderitaan. Inilah gambaran dari kuasa anugerah Tuhan yang mengalahkan dosa dan memulihkan umat-Nya.Sumber dari segala kuasa dan anugerah pemulihan ini terletak di dalam firman Tuhan, maka tulang-tulang yang kering itu dipulihkan dan dibangkitkan. Israel yang telah hancur dipulihkan oleh firman Tuhan yang merupakan sumber dari anugerah dan kasih Tuhan.

Refleksi
Renungkanlah: dosa yang sering kita lakukan menghancurkan relasi kita dengan Allah, dengan keluarga, pekerjaan dan pelayanan kita. Namun anugerah pemulihan dari Tuhan Yesus selalu disediakan bagi kita. Semua itu harus melewati sebuah proses dimana kita membutuhkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan yang menopang kita.

Tekadku
Ya Tuhan, mampukan saya untuk bisa menjalani proses untuk mendapatkan pemulihan dari-Mu dengan tetap terus berpegang pada Firman-Mu.

Tindakanku
Saya akan membaca Alkitab setiap hari, supaya saya mendapatkan kekuatan dari Tuhan untuk bisa melewati proses yang memberikan pemulihan dari dosa-dosa saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«