suplemenGKI.com

Senin, 27 Juni 2016

26/06/2016

Mempersiapkan Diri dan Generasi Muda Sebagai Agen Perubahan

2 Raja-raja 5:1-6

Pengantar

Tak seorangpun dapat meramalkan secara tepat akan menjadi seperti apa diri kita di masa depan atau menjadi seperti apa anak-anak kita. Namun satu hal yang pasti kita perlu menyiapkannya agar bisa menjadi pribadi yang berguna karena kontribusi kita sebagai Agen Perubahan. Kisah berikut memaparkan peran seorang gadis pelayan yang ditawan dan dibawa dari Israel oleh orang-orang Aram.  Kisah ini bahkan dicatat dalam Alkitab bersama dengan kisah dua orang raja dan seorang panglima tentara.

Pemahaman

Ayat 1        : Siapakah Naaman dan penyakit apakah yang dideritanya?

Ayat 2-3   : Siapakah yang menganjurkan solusi kesembuhan Naaman?

Naaman adalah seorang panglima angkatan bersenjata Negeri Aram (Siria) yang perkasa. Melalui dia, Tuhan memberikan kemenangan demi kemenangan bagi Negeri Aram. Namun ia menderita penyakit kulit yang mengerikan. Istri Naaman mempunyai seorang pelayan perempuan asal Israel yang ditawan dan dibawa ke Aram. Gadis inilah yang menganjurkan Naaman menghadap nabi di Samaria (Elisa) untuk meminta kesembuhan. Naaman ternyata mempercayai kata-kata pelayannya dan menindaklanjutinya dengan meminta ijin ke raja. Rajapun merespons positif, bahkan membekali Naaman dengan surat kepada raja Israel dan persembahan. Naaman pun dicatat mengalami kesembuhan dan pemulihan.

Jika peran gadis pelayan asal Israel ini dicatat dalam Alkitab, tentu ada sesuatu yang sangat penting untuk kita pelajari. Sungguh kontras, peran gadis pelayan tawanan dari Israel ini dicatat di antara kisah tindakan dua orang raja dan seorang panglima angkatan bersenjata. Tanpa pendidikan, terutama pendidikan dalam keluarga yang baik, tak mungkin gadis ini bisa memiliki iman dan ketaatan kepada Tuhan, sehingga bisa menjadi penganjur bagi Naaman (notabene musuh bangsanya) untuk mencari kesembuhan ke Israel.

Refleksi

Siapkah aku dipakai Tuhan dalam kondisi yang buruk sekalipun seperti yang dialami gadis pelayan asal Israel dalam kisah di atas? Ataukah aku lebih siap untuk berkeluh kesah dalam kondisi buruk itu?

Tekad

Mempersiapkan diri dan generasi muda untuk menjadi agen-agen perubahan dalam kondisi baik ataupun buruk, melalui iman dan ketaatan kepada Tuhan.

Tindakan

Memperdalam pengenalanku dengan Tuhan melalui FirmanNya serta belajar dan memuridkan generasi yang berani bersaksi dan siap menjadi agen perubahan berlandaskan iman dan ketaatan kepada Tuhan dalam situasi dan kondisi apapun.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«