suplemenGKI.com

Senin, 27 Juli 2020

26/07/2020

HIDUP DALAM HIKMAT

Amsal 1:1-7, 20-33

 

Pengantar
Setiap orang pasti ingin hidup berhikmat. Hikmat adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengambil keputusan dan penilaian yang baik dalam kehidupan. Dengan hikmat, kita dimampukan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam rangkaian kehidupan dan menjadi orang yang bijaksana di tengah kehidupan sehari-hari. 

Pemahaman
Ayat 1-7                   : Apa kaitannya antara hikmat dengan pengetahuan?
Ayat 20-33             : Mengapa banyak orang tidak dapat hidup dalam hikmat?

Salomo adalah seorang raja yang berhikmat dalam hikmat-Nya, Salomo mampu menjadi raja yang penuh dengan kebijaksanaan dan dimampukan untuk berkarya sehingga ia pun mampu menuliskan Amsal yang indah untuk kita pahami bersama hingga sekarang ini. Tulisan pada Amsal ini merupakan rangkaian kata-kata yang penuh dengan kebijaksanaan dari Allah. Amsal merupakan karya sastra yang juga disebut sebagai karya hikmat. Amsal yang ditulis oleh Salomo diyakini sebagai perkataan Allah yang tertuang di dalam hati dan pikiran manusia. Amsal menuntun kehidupan manusia untuk dapat menentukan arah yang tepat sesuai dengan kehendak Tuhan. Amsal hadir dekat dengan kehidupan banyak orang sejak dahulu hingga sekarang.

Pada pasal pertama, Salomo menjelaskan bahwa fungsi kalimat-kalimat dalam kitab ini adalah untuk mengetahui hikmat dan didikan. Amsal bukan hanya sekadar kata-kata yang indah, tetapi memiliki kekuatan karena ada kaitannya dengan hikmat dari Allah. Dengan demikian, Amsal mengandung perkataan dan nasihat yang kuat bagi kehidupan manusia. Amsal menekankan bahwa manusia sesungguhnya memiliki pengetahuan, tetapi tidak akan ada artinya jika tanpa hikmat dari Allah. Takut akan Tuhan menjadi kunci bagi manusia untuk dapat mengenal hikmat (ayat 7). Hikmat itu menuntun hidup manusia agar dapat menentukan hal apa yang tepat untuk dipertimbangkan dan dilakukan, sehingga pada akhirnya setiap manusia bisa menjadi orang yang bijaksana dalam hidupnya.

Dengan hadirnya hikmat, setiap orang yang membaca Amsal dapat memahami bagaimana cara Allah berkarya dalam kehidupan manusia. Amsal menjadi jembatan penghubung antara pikiran serta pengetahuan manusia dengan kehendak Allah. Jadi, setiap orang yang selalu memohon hikmat kepada Allah pasti akan lebih mudah merasakan tuntunan dan penyertaan-Nya dalam kehidupan setiap hari. Tuntunan itu semakin jelas sejak ayat 20 yang mau menunjukkan kepada kita tentang bahaya hidup di luar hikmat Allah. Seseorang bisa saja hidup dengan pengetahuannya sendiri, tetapi tidak menjadi orang yang berhikmat dalam menentukan arah kehidupannya sebab ia hanya terpaku pada dirinya sendiri. Untuk itu, Salomo melalui Amsal ini menjelaskan bahwa ada banyak risiko yang dihadapi setiap manusia jika tidak menggunakan hikmat yang sudah diberikan oleh Tuhan. Hikmat ada di mana-mana, yang berarti bahwa hikmat dapat muncul dalam setiap perkara atau pengalaman hidup sehari-hari. Maka dari itu, Salomo menutup pasal pertama dengan menyatakan bahwa siapa yang mendengarkan perkataan-perkataan dalam Amsal akan tinggal dengan aman, terlindung dari malapetaka yang diakibatkan oleh kesombongan manusia yang mengandalkan pikiran dan pengetahuannya sendiri.

Refleksi
Selama ini, apakah kita selalu dipimpin oleh hikmat dari Allah di setiap langkah hidup kita ataukah kita masih mengandalkan pengetahuan kita sendiri? Hikmat bukan menjadi pelengkap pengetahuan kita, tetapi justru menjadi dasar bagi pemahaman kita akan kenyataan hidup. Dengan adanya hikmat yang Tuhan beri bagi kehidupan, kita menjadi orang-orang yang kuat dan merasa disertai senantiasa oleh-Nya. Hikmat dari Allah menuntun kita untuk bisa merasakan kekuatan dan kemampuan hidup di berbagai tantangan. 

Tekadku
Tuhan, aku ingin selalu memakai hikmat yang Engkau beri dalam menjalani kehidupanku sehari-hari.

Tindakanku
Saya memulai membiasakan diri dengan berdoa untuk memohon hikmat dari Tuhan agar mampu merasakan penyertaan-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«