suplemenGKI.com

TUHAN HADIR MEMIMPIN DAN MEMELIHARA

Yeremia 31 : 7 – 14

 

PENGANTAR
Dalam banyak peristiwa kehidupan, kita menjumpai bahwa ada periode atau momen kehidupan yang hanya indah di awal namun berlanjutnya tanpa kejelasan nasib atau tiadanya masa depan yang cerah. Jadi kita seperti hanya sejenak berpindah dari hidup atau suasana lama ke hidup atau suasana baru (baca: berbeda) yang manis di awal tapi tidak terjamin untuk selanjutnya. Dalam Yeremia 31 : 7 – 14 yang kita baca pada hari ini, kita diajak untuk melihat adanya kepemimpinan dan pemeliharaan TUHAN yang berkelanjutan atau bahkan menjamin hidup sekarang sampai masa depan umat-NYA, maka marilah kita memperhatikannya dengan baik. 

PEMAHAMAN
Ayat 7 – 9            :  Apa yang difirmankan TUHAN tentang umat-NYA, terkait ungkapan “Bapa”?
Ayat 10 – 14        :  Apa yang difirmankan TUHAN kepada seluruh bangsa, terkait ungkapan “Gembala”?

Pada ayat 7 – 9, ALLAH digambarkan hadir dalam karya kepemimpinan sebagai “Bapa” yang membawa anak-anak-NYA ke masa depan yang penuh pengharapan. ALLAH yang membawa (memimpin) umat-NYA menuju sebuah peralihan hidup, yaitu ke sebuah kehidupan yang sungguh-sungguh dipulihkan.

TUHAN berfirman bahwa umat-NYA akan mengalami kesukacitaan. Mereka akan  bersorak-sorai dengan muka berseri-seri, karena adanya keselamatan dari ALLAH yang hadir sebagai Bapa bagi umat-NYA. ALLAH mengumpulkan mereka kembali untuk mengalami kesejahteraan yang DIA janjikan.

Dan pada ayat 10 – 14, ALLAH digambarkan hadir dalam karya pemeliharaan sebagai “Gembala” yang akan menjaga kawanan domba-NYA, serta mencukupkan bahkan memberi kelimpahan.

Firman TUHAN ini diperdengarkan kepada seluruh bangsa (bangsa-bangsa), yaitu tentang segala kebajikan TUHAN bagi umat-NYA. TUHAN yang menyerakkan akan mengumpulkan kembali umat-NYA, dan menjaga mereka seperti gembala terhadap kawanan dombanya. Ini bukan saja sebuah pernyataan tentang kuasa TUHAN tapi untuk menegaskan bahwa umat yang telah ditebus-NYA ini, sekalipun lemah tapi akan dijaga oleh tangan kuasa TUHAN yang telah membebaskan dan menebus mereka.

Dan bahwa kepemimpinan dan pemeliharaan TUHAN ini juga dinyatakan kepada setiap orang yang percaya kepada-NYA, yang juga telah diangkat menjadi anak-anak-Nya.

REFLEKSI
Marilah kita berdiam diri sejenak dan merenungkan:

  • Apakah kita merasakan adanya pimpinan TUHAN dalam tiap perjalanan atau peralihan hidup kita yang membawa serta memperlihatkan sukacita?
  • Apakah kita mengalami pemeliharaan TUHAN dengan segala kebajikan-NYA yang mencukupkan bahkan berlimpah di setiap kebutuhan, tantangan dan pergumulan hidup kita?

TEKADKU
TUHAN, jadikan aku sebagai pribadi yang sedia dan dapat mengikuti pimpinan-MU, serta percaya akan pemeliharaan-MU. 

TINDAKANKU
Dalam segala keberadaan hidup, bahkan di saat pandemi yang masih terjadi di akhir tahun ini, saya akan selalu mengarahkan hidup kepada TUHAN sebagai satu-satunya Pemimpin dan Pemelihara hidupku melalui pembacaan Firman TUHAN dan menaati-NYA.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*