suplemenGKI.com

Keluaran 32:1-35

Menyembah Tuhan Yang Benar

Pada bagian ini diceritakan bahwa Musa pergi ke gunung Sinai untuk berbicara dengan Tuhan, sedangkan bangsa Israel menunggu-nunggu datangnya Musa. Dalam menantikan kedatangan Musa dari gunung Sinai, mereka mulai resah karena tidak mengetahui bagaimana keadaan Musa.

  1. Apa yang dilakukan bangsa Israel ketika menunggu Musa yang tidak kunjung datang?
  2. Mengapa bangsa Israel membuat patung anak lembu emas?
  3. Apa yang akan dilakukan oleh Tuhan terhadap bangsa Israel yang menyembah Tuhan?
  4. Apa yang dilakukan Musa ketika melihat bangsa Israel menyembah berhala?
  5. Bagaimana sikap Musa terhadap Harun?
  6. Apa yang dapat kita pelajari dari bahan bacaan ini?

 

Renungan

Bangsa Israel mulai resah ketika menunggu kedatangan Musa yang tidak kunjung-kunjung tiba. Mereka tahu bahwa masih ada Harun yang bisa diharapkan untuk memimpin bangsa Israel, maka mereka mendesak Harun untuk mengambil sikap sebagai pemimpin atas mereka. Bangsa Israel juga meminta Harun untuk membuatkan allah yang akan memimpin mereka.

Maka Harun berinisiatif untuk mengumpulkan emas yang ada dan membuat patung anak lembu emas, serta memberikan persembahan korban bakaran dan korban keselamatan di depan patung anak lembu emas. Mereka sangat bersuka-ria karena merayakan hari raya bagi Tuhan.

Tuhan mengetahui bahwa bangsa Israel sedang menyembah berhala, maka Ia meminta Musa untuk segera turun. Tuhan sangat marah dengan penyembahan berhala yang dilakukan oleh bangsa Israel sehingga Tuhan bermaksud untuk membinasakan bangsa Israel kecuali keturunan Musa. Namun Musa mencoba melunakkan hati Tuhan (ay 11), agar Tuhan mengurungkan niatNya untuk membinasakan bangsa Israel, maka Tuhanpun tidak jadi menurunkan murkaNya kepada semua bangsa Israel.

Ketika Musa menjumpai bangsa Israel yang sedang menyembah berhala, maka marahlah Musa dan menghancurkan patung anak lembu emas itu sampai lebur halus. Musa juga menantang bangsa Israel untuk membuat pilihan apakah berpihak kepada Tuhan atau kepada berhala. Bani Lewi yang ditunjuk Musa untuk membunuh orang-orang yang memutuskan untuk menyembah berhala, ada kira-kira 3.000 orang yang meninggal karena dibunuh oleh bani Lewi.

Musa juga marah kepada Harun karena tidak dapat membawa bangsa Israel hidup dalam penyembahan kepada Tuhan yang benar. Musa juga memohonkan pengampunan dosa bagi bangsa Israel kepada Tuhan dan Musa berharap bahwa bangsa Israel mendapatkan pengampunan dari Tuhan.

Tuhan sangat murka kepada umatNya yang menyembah berhala. Menyembah berhala berarti menggantikan Tuhan dengan “sesuatu yang lain”, bisa berupa patung, pekerjaan, orang lain atau materi yang kita punyai. Ketika Tuhan sudah tidak disembah atau diindahkan lagi, maka mulai saat itu penyembahan berhala sudah masuk di dalam kehidupan kita.

Mari kita terus memfokuskan diri kepada Tuhan agar penyembahan berhala tidak masuk di dalam kehidupan kita, dan agar kehidupan kita semakin berkenan kepadaNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*