suplemenGKI.com

Yeremia 33:14-16

BERTUMBUH DALAM IBADAH

PENGANTAR
Kita semua adalah orang-orang berdosa. Kita tidak mampu membebaskan diri dari kuasa dosa dan kita membutuhkan kasih Allah untuk menyelamatkan kita. Kita percaya bahwa Allah dengan kasih setia-Nya telah mengutus Yesus Kristus untuk menjadi Juruselamat kita. Cukupkah pemahaman iman kita sampai hanya di situ? Pernahkah Anda bertanya, apa sebenarnya tujuan Allah memulihkan kehidupan Anda?

PEMAHAMAN

  • Ayat 14. Kepada siapakah Tuhan berjanji? Siapakah mereka, dan apa yang telah mereka lakukan terhadap Tuhan (lihat Yer 33:8).  Mengapa mereka memerlukan pemulihan? (lihat Yer. 33:11)
  • Ayat 15. Perhatikan istilah ”Tunas … Daud”. Dalam hal apakah pemulihan itu akan terjadi? Mengapa pemulihan dalam hal ini penting dilakukan? Apa artinya bagi kehidupan umat Tuhan di masa kini?
  • Ay. 16. Pada waktu janji pemulihan itu digenapi, apa yang akan dialami oleh umat Tuhan? (ay.16a).  Mengapa umat Tuhan dipanggil sebagai ’Tuhan keadilan kita’? (ay.16b).  Apa yang seharusnya kita lakukan setelah mendapatkan pengampunan dan pemulihan?

Ayat-ayat yang kita baca hari ini merupakan penegasan ulang janji Tuhan yang akan memulihkan umat-Nya, yaitu orang-orang Israel dan orang-orang Yehuda.  Janji pemulihan tersebut disampaikan ketika umat Allah yang sudah terpecah menjadi dua kerajaan dan kalah dalam peperangan itu sedang berada dalam pembuangan di Babel.  Di sanalah mereka menjalani hukuman akibat dosa-dosa mereka hingga tiba waktunya Tuhan memulihkan kehidupan mereka (Yer. 33:8).  Tuhan memulihkan mereka agar mereka dapat bersyukur atas kasih setia-Nya dan beribadah kepada-Nya (Yer. 33:11).

Istilah Tunas Daud menunjuk pada kerajaan Israel dan Yehuda.  Hal yang pertama dipulihkan oleh Tuhan adalah pemerintahan-Nya atas umat-Nya. Dengan pemulihan ini, status mereka akan berubah, dari budak bangsa-bangsa lain menjadi umat kepunyaan-Nya.  Ayat ini juga menubuatkan peristiwa yang lebih jauh dan lebih penting, yaitu kedatangan Mesias. Karya penebusan Kristus juga mengubah status kita dari hamba dosa menjadi umat kepunyaan-Nya.

Pemulihan berikutnya terjadi pada kota Yerusalem. Pulihnya Yerusalem menandai pulihnya sistim peribadatan di Bait Allah. Ini penting agar umat Allah dapat terus-menerus memelihara hubungan dengan Allah, mengungkapkan syukur, dan beribadah kepada-Nya.

REFLEKSI
Allah memulihkan hidup kita agar kita dapat beribadah kepada-Nya. Bagaimana dengan kualitas ibadah Anda?

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah aku untuk lebih tekun dan lebih serius di dalam beribadah kepada-Mu.

TINDAKANKU
Dalam kebaktian selama sebulan ke depan, aku akan hadir di ruang kebaktian 15 menit sebelum kebaktian dimulai.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*