suplemenGKI.com

Senin, 26 Mei 2014

25/05/2014

Ulangan 31:1-13

 

Hidup Dalam Takut Akan Tuhan

 

Pengantar
Musa menjadi pemimpin bangsa Israel mulai keluar dari Mesir sampai menuju tanah Kanaan. Selama 40 tahun Musa memimpin bangsa Israel di padang gurun, banyak pengalaman bersama dengan Tuhan waktu Musa memimpin bangsa Israel tersebut yang ingin Musa bagikan kepada generasi penerusnya.

Pemahaman
Ay 1-5,           Apa yang Musa saksikan tentang Tuhan kepada bangsa Israel?

Ay 6-8,           Apa yang menjadi pesan Musa sebelum bangsa Israel masuk ke Tanah Kanaan?

Ay 9-13,         Apa harapan Musa kepada bangsa Israel tentang Taurat Tuhan?

Musa menyadari usianya telah 120 tahun, dan ia juga tahu bahwa Tuhan tidak mengijinkan Musa menyertai bangsa Israel menuju tanah Kanaan, maka Musa memberikan kata-kata wejangan bagi bangsa Israel.

Pertama-tama, Musa memberitahu bahwa Yosua sebagai penggantinya, dan Yosua yang akan menjadi pemimpin mereka untuk menuju tanah perjanjian. Namun Musa mengingatkan bahwa Tuhan tetap campur tangan di dalam kehidupan bangsa Israel, bahwa Tuhanlah yang memberikan kemenangan demi kemenangan.

Kedua, Musa tahu bahwa mereka akan mengalami kegentaran ketika akan menghadapi lawan-lawan di depan, maka Musa berharap untuk mereka meneguhkan hati mereka dan terus percaya akan pimpinan Tuhan. Tuhan sendirilah yang akan berjalan di depan mereka, menyertai dan tidak akan meninggalkan mereka. Inilah janji Tuhan yang diingatkan terus oleh Musa, agar  mereka benar-benar bersandar kepada Tuhan.

Ketiga, Musa mengingatkan untuk mereka tidak lupa dengan Taurat Tuhan, dan membicarakan Taurat Tuhan itu kepada anak-anak mereka, supaya anak-anak mereka belajar untuk hidup takut akan Tuhan.

Refleksi
Ambil waktu beberapa menit untuk merenungkan: Apakah anda sudah hidup dalam takut(hormat) kepada Tuhan? Bagaimanakah sikap kita waktu menghadapi berbagai persoalan hidup, apakah mengandalkan kekuatan sendiri atau berserah pada Tuhan?

Tekad
Ya Tuhan, ajarkan kepada kami untuk terus menerus belajar hidup dalam takut akan Engkau, taat kepada FirmanMU dan mengandalkan Engkau dalam seluruh hidupku.

Tindakan
Mempraktekkan hidup takut akan Tuhan dalam rumah, pekerjaan maupun gereja.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«