suplemenGKI.com

Senin, 26 Maret 2012

25/03/2012

 

Taat

Taat

Yesaya 50:4-6

 

Ketaatan Adalah Tanda Dari Hamba Yang Sejati

 

Sudah bukan menjadi suatu rahasia lagi bahwa banyak orang, tidak terkecuali orang Kristen atau orang yang mengatakan diri percaya kepada Tuhan Yesus, tidak lagi mempedulikan sikap ketaatan sebagai sesuatu yang bernilai penting dalam hidupnya. Baik ketaatan kepada aturan, hukum, ketaatan kepada orangtua atau bahkan kepada Tuhan yang telah menciptakannya. Banyak faktor yang menjadi dalih seseorang sehingga ia tidak memiliki ketaatan, diantaraya adalah kerana merasa sudah kuat, sudah mampu, sudah pandai, berkedudukan atau berkuasa. Sikap ketidaktaatan bukanlah tanda seorang murid sejati.

Hari ini kita akan belajar dari hamba Tuhan yang disaksikan dalam Yesaya 50:4-6, tentang bagaimana ketaatan itu telah menjadi tanda seorang hamba yang sejati, sehingga walaupun berada dalam penderitaan, kesulitan dan pergumulan namun ia  tetap bertahan bahkan bisa menjadi berkat bagi orang lain.

Pertanyaan-pertanyaan penuntun:

1)  Apa saja tanda-tanda dari seorang hamba yang memiliki ketaatan sejati!

2)  Apa yang menjadi dampak positif dari seorang hamba yang memiliki  tanda-tanda ketaatan sejati?

Renungan:

Yesaya 50 ini merupakan bagian dari nyanyian Hamba Tuhan dalam bentuk nyanyian syukur atas pertolongan Allah bagi orang yang dikasihi-Nya, ketika orang tersebut harus melewati suatu penderitaan, kesulitan dan pergumulan hidup. Orang yang telah mengalami pertolongan Allah itu disebut sebagai Hamba Tuhan. Sebutan sebagai Hamba Tuhan bukan satu-satunya alasan sehingga ia dapat mengalami pertolongan Tuhan, tetapi hal yang lebih penting dari sebutan Hamba itu  adalah justru karena tanda-tanda ketaatan yang dimilikinya.

Seorang Hamba dapat dikatakan sebagai Hamba adalah ketika ia memiliki tanda-tanda ketaatan sejati: 1) Lidah yang dipergunakan untuk menyampaikan perkataan yang dapat menghibur, menguatkan dan menyadarkan orang lain yang membutuhkan penghiburan, kekuatan dan penyadaran. Ketika seseorang menggunakan lidah pemberian Tuhan dengan benar maka ia telah menjadi hamba Tuhan yang taat. 2) Telinga yang siap sedia menyimak, menangkap dan menyimpan perkataan yang difirmankan Tuhan kepadanya. Hasil pendengaran dari telinga yang siap sedia itu dijadikannya sebagai peringatan untuk tidak memberontak, tidak berpaling dan tidak meninggalkan Tuhan walaupun pada saat-saat tertentu ia harus mengalami penderitaan. 3) Kepasrahan yang menunjukan ketaatan yang tulus. Punggung adalah bagian tubuh yang tidak bisa dilihat oleh pemilik punggungnya sendiri, sehingga jika ada orang yang memukul punggungnya dia tidak bisa mengelak, menghindar atau menangkisnya. Karena kondisinya demikian maka yang bisa dilakukannya hanya menerima atau menanggung pukulan itu. Ketaatan sebagai seorang hamba yang sejati adalah kepasrahan terhadap apa yang diperintahkan atau ditugaskan oleh gurunya. Sekalipun perintah atau tugas  itu berat, sulit dan membutuhkan pengorbanan. Hamba yang memiliki ketaatan yang pasrah tidak mungkin lari atau menolak dari apa yang diperintahkan atau ditugaskan kepadanya.

Sebagai hasil dari ketaatan seorang hamba sejati adalah ia tidsk menjadikan segala kesulitan, penderitaan maupun pergumulan sebagai dalih untuk menghindar atau mundur dari tanggungjawab. Kalimat “Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku dinodai dan diludahi” mengindikasikan bahwa seorang hamba sejati tidak kalah terhadap tantangan, kesulitan atau penderitaan yang ada. Bahkan tidak mundur sekalipun mengalami penganiayaan, sikasaan dan penghinaan. Itulah yang telah ditunjukan oleh Tuhan Yesus Kristus sebagai hamba yang sejati dalam nubuatan Yesaya pada bagian Yesaya pasal 50 ini.

Bagaimana dengan kita, apakah kita adalah seorang hamba atau murid Tuhan Yesus yang sejati? Jika kita mengaku sebagai murid Tuhan Yesus yang sejati, marilah kita miliki ketaatan yang tulus sebagaimana yang diteladankan Tuhan Yesus. Dengan demikian kita akan tetap setia dan menjadi berkat bagi orang lain sekalipun keadaan kita menderita, sulit dan banyak pergumulan. Tuhan memberkati.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«