suplemenGKI.com
Human

Human

Mazmur 8

Manusia Ciptaan Tuhan 

                Pemazmur mencoba untuk memahami Tuhan Sang Pencipta dunia, pencipta kehidupan ini termasuk manusia di dalamnya. Di dalam perenungannya pemazmur membandingkan manusia dengan ciptaan Tuhan yang lain.

  1. Bagaimana pemazmur menggambarkan kebesaran Tuhan?
  2. Bagaimana pemazmur melihat ciptaan Tuhan yang ada di alam semesta ini?
  3. Bagaimana pemazmur melihat manusia dibandingkan dgn ciptaan Tuhan yang lain?
  4. Bagaimana pemazmur menggambarkan manusia ciptaan Tuhan?
  5. Pelajaran apa yang kita ambil dari bacaan ini? 

Renungan:

                Pemazmur menggambarkan kebesaran Tuhan penuh dengan keagungan dan kemuliaan, nama Tuhan mulia diseluruh bumi, bahkan bayi-bayi dan anak-anakpun dapat memuliakan nama Tuhan. Pemazmur juga menyadari bahwa langit, bulan, bintang-bintang telah diciptakan Tuhan dan ditempatkan Tuhan pada alam semesta ini.

                Pemazmur juga meyakini bahwa manusia juga diciptakan bahkan dibuat-Nya hampir sama seperti Allah. Manusia dimahkotai kemuliaan dan hormat, bahkan manusia diberi kekuasaan untuk berkuasa terhadap makhluk ciptaan yang lainnya.

                Jikalau manusia dibandingkan dengan ciptaan Tuhan yang lainnya seperti langit, bulan dan bintang, maka sesungguhnya manusia itu teramat kecil, namun Tuhan memperhatikan  manusia lebih besar dibandingkan dengan ciptaan yang lainnya. Kejadian 1:26-27, menuliskan bahwa manusia adalah gambar dan rupa Allah, hal ini menunjukkan keistimewaan manusia yang diciptakan oleh Tuhan.

                Pemazmur mengajarkan bahwa ketika manusia mengenal siapa dirinya, dan mengenal siapa Penciptanya maka manusia diharapkan memiliki hubungan yang baik dengan Penciptanya dan juga ciptaan Tuhan yang lainnya. Pemazmur menggambarkan bahwa pada hakikatnya, manusia tidak bisa lepas dari Tuhan dan ciptaan Tuhan lainnya.

                Bagaimana pandangan saudara tentang manusia dihadapan Tuhan? Bagaimana pandangan kita terhadap diri kita sendiri? Bagaimana kita menghargai sesama kita?

                Sesungguhnya manusia itu sangat istimewa dihadapanNya, Tuhan bukan hanya menciptakannya namun juga memperhatikan dan bahkan memberikan pertolongan kepada manusia. Manusia sebagai gambar dan rupa Allah seharusnya semakin menunjukkan kemuliaan Tuhan tinggal di dalam dirinya. Manusia yang bisa mengenali dirinya dengan baik maka ia akan memiliki hubungan yang baik dengan Tuhannya. Manusia akan senantiasa bersyukur dengan keadaan dirinya dan akan hidup selalu berdampingan dengan sesamanya dan dengan ciptaan Tuhan yang lainnya. Manusia akan senantiasa memuji-muji dan memuliakan Tuhan sang Penciptanya. Biarlah ini bisa terjadi di dalam kehidupan kita sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*