suplemenGKI.com

Senin, 25 Maret 2019

24/03/2019

Yosua 5:9-10

HIDUP YANG DIPERBAHARUI

Pengantar
Perjalanan bangsa Israel keluar dari tanah perbudakan, Mesir menuju ke Tanah Perjanjian, Kanaan menempuh waktu yang sangat lama. Mereka membutuhkan waktu 40 tahun untuk dapat sampai di Kanaan. Bacaan kita hari ini mengisahkan saat bangsa Israel akhirnya bisa tinggal di Kanaan. Tentu ini adalah momen yang sangat menggembirakan buat seluruh bangsa Israel. Saat itulah Yosua meminta seluruh bangsa Israel untuk melakukan sunat untuk menjadi pengingat bagi bangsa Israel atas kehidupan baru yang akan mereka jalani bersama di tanah Kanaan.

Pemahaman

Ayat 9                   Apa makna kata Gilgal sesuai dengan firman Tuhan kepada Yosua?

Ayat 10                 Apa yang mereka rayakan di Gilgal? Mengapa mereka lakukan perayaan tersebut?

Ketika bangsa Israel tiba di Kanaan, sudah banyak orang yang telah meninggal di dalam perjalanan. Oleh karena itu, kebanyakan yang tiba di Kanaan adalah generasi selanjutnya dari bangsa Israel yang keluar dari Mesir. Mereka adalah anak-anak yang dilahirkan di padang gurun. Dengan begitu Yosua meminta mereka untuk disunat sebagai tanda janji Allah yang telah digenapi dan mereka juga siap untuk merayakan Paskah. Peristiwa ini menjadi awal baru bagi bangsa Israel hidup di tanah baru yang telah Tuhan janjikan bagi mereka. Di tanah mereka berkemah itulah Tuhan berfirman, “Hari ini telah Kuhapuskan cela Mesir itu dari padamu.” Dan tempat itu pun diberi nama Gilgal. Tidak berhenti di situ, bangsa Israel memperingatkan Paskah di sana. Perayaan ini tanda bahwa bangsa Israel telah benar-benar keluar dari Mesir dan menempati tanah yang telah Tuhan janjikan. Mereka bersukacita karena janji Tuhan nyata atas mereka dan Tuhan telah menghapuskan segala cela mereka. Mereka bersuka atas hidup baru yang Tuhan limpahkan bagi mereka.

Bacaan ini mau mengajak kita melihat kehidupan kita sekarang sebagai hidup yang telah diperbaharui Tuhan. Atas hidup baru itu, mereka bersukacita bersama dan mengingat kasih Tuhan itu dan bertekad hidup lebih baik dalam Tuhan. Demikian juga kita diajak untuk terus memperbaharui diri setiap hari karena bukankah tiap hari adalah hari baru yang Tuhan karuniakan buat kita jalani. Mari bersukacitalah tiap mengawali hari karena itu adalah anugerah Tuhan bagi kita dan jadilah pribadi yang lebih baik dengan terus memperbaharui diri sebagai bentuk sukacita kita.

Refleksi
Marilah kita renungkan: apa arti hari-hari dalam hidup kita? Apakah kita sungguh bersukacita atas setiap hari yang Tuhan anugerahkan buat kita? Sudahkah kita memperbaharui diri sebagai tanda sukacita kita?

Tekadku
Ya Tuhan, ajarlah kami untuk bersyukur tiap kali mengawali hari baru dan mau terus memperbaharui diri jadi pribadi yang lebih baik.

Tindakanku
Saya akan berusaha memperbaharui diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«