suplemenGKI.com

Bacaan : Kisah Para Rasul 16 : 4-10.

Thema : Taat kepada bimbinganNya.

 

PENGANTAR.
Untuk melakukan sesuatu yang baik dibutuhkan alasan atau motivasi yang kuat dan mulia serta dorongan semangat. Salah satu yang dapat menjadi pendorong yang kuat adalah kasih. Kasih dapat menjadi kekuatan yang luar biasa yang memampukan seseorang melakukan apa yang harus dilakukannya. Dalam perjalanan penginjilan yang dilakukan oleh  Rasul Paulus di Asia kecil bukanlah sebuah perjalanan pelayanan yang mudah, karena disana-sini seringkali diperhadapkan dengan tantangan dan kesulitan. Namun apakah Rasul Paulus akan menyerah ? bacaan kita hari ini akan menjawabnya.

PEMAHAMAN.

  • Tugas apakah yang diemban Paulus dan Silas ? ( ayat 4-5 )
  • Dalam perjalanan tersebut rasul Paulus dicegah Roh Kudus agar tidak memberitakan Injil di Asia. Bagaimana  sikap Paulus ? ( ayat 6-7 )
  • Apa yang dilakukan oleh Allah kepada Paulus untuk menunjukkan kemana ia harus melayani ? ( ayat 8-10 )

Dalam perjalanan pelayanan Paulus dan Silas, mereka menyampaikan keputusan-keputusan yang diambil Para Rasul di Yerusalem kepada jemaat-jemaat agar jemaat-jemaat menuruti keputusan tersebut. Jemaat-jemaat diteguhkan imannya dan jumlah mereka bertambah banyak. Sambutan jemaat-jemaat yang hangat membuat Paulus dan Silas semakin semangat dalam pelayanan mereka. Seharusnya Paulus dan Silas melanjutkan perjalanannya ke Asia kecil ( ke 7 jemaat di kitab Wahyu ) namun Roh Kudus mencegah mereka. Mengapa Roh Kudus mencegah mereka ? dan bagaimana caranya Roh Kudus mencegah mereka ? Injil keselamatan harus diberitakan sampai keseluruh bumi, sedangkan jemaat-jemaat di Asia kecil sudah mendengar Injil kesealamatan tersebut, maka Tuhan menghendaki Paulus dan Silas memberitakan di kota lain, untuk itulah maka Roh Kudus  mencegah Paulus dan Silas ke Asia. Bisa saja melalui penglihatan atau Tuhan Yesus berbicara melalui suara. Untuk lebih meyakinkan Paulus dan Silas  maka Tuhan berbicara melalui penglihatan. Dalam penglihatan tersebut  dijelaskan bahwa ada seorang Makedonia berseru, “Menyeberanglah kemari dan tolonglah kami”. Melalui penglihatan ini Paulus dan Silas dipanggil untuk memberitakan Injil di Makedonia. Dalam bacaan kita hari ini sebanyak dua kali Paulus dicegah memberitakan Injil di Asia dan satu kali dipanggil melalui penglihatan untuk memberitakan Injil di Makedonia. Itu semua merupakan bimbingan Allah kepada Paulus ke mana ia harus berjalan memberitakan Injil. Lalu bagaimana sikap Rasul Paulus ? Rasul Paulu taat kepada bimbingan Roh Kudus. Mereka memutuskan untuk memberitakan Injil di Makedonia. Ketaatan inilah yang harus kita teladani. Amin.

REFLEKSI.
Renungkanlah : apakah yang menjadi pendorong saudara dalam melayani ? apakah saudara peka terhadap pimpinan Roh Kudus ?

TEKADKU.
Ya Allah Roh Kudus pimpinlah saya dalam melayani agar apa yang saya lakukan sesuai dengan kehendakMu.

TINDAKANKU.
Mulai hari ini saya harus belajar mengasah kepekaan akan pimpinan Roh Kudus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«