suplemenGKI.com

Bilangan 11:4-9

MENGAPA KECEWA?

PENGANTAR
Salah satu perasaan negatif yang dapat menyiksa kita adalah perasaan kecewa. Perasaan kecewa muncul ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita harapkan. Perasaan kecewa ini akan semakin besar apabila kita telah menantikan hal tersebut untuk waktu yang lama, atau telah mengorbankan banyak hal untuk mendapatkan apa yang kita harapkan itu. Perasaan kecewa juga dapat tertuju kepada seseorang yang kita anggap sebagai pihak yang seharusnya memberikan apa yang kita harapkan itu, namun ia tidak memberikannya kepada kita. Ekspresi rasa kecewa kita kepada seseorang bisa beraneka ragam:  mengomel/ bersungut-sungut, marah, atau bahkan memberontak kepadanya.

PEMAHAMAN

  • Ayat 3-9. Perhatikan secara khusus ay. 4-6. Mengapa mereka tidak puas dengan manna yang Tuhan berikan kepada mereka? Sebutkan minimal tiga alasan yang mereka ungkapkan di sini.
  • Menurut Anda sendiri, apakah mereka memang pantas untuk bersungut-sungut di hadapan Tuhan? Berikan alasan untuk jawaban Anda
  • Jika Anda berada di antara mereka, apa yang akan Anda katakan kepada mereka yang bersungut-sungut itu?

Mereka bersungut-sungut karena Tuhan hanya memberikan manna, namun tidak pernah memberikan daging kepada mereka (ay. 4). Keinginan makan daging itu bahkan membuat mereka ingat akan lezatnya makanan yang dapat mereka nikmati ketika mereka masih di Mesir (ay. 5). Mereka juga mengeluh tentang kurangnya makanan bagi mereka sehingga tubuh mereka kurus kering (ay. 6). Apakah alasan-alasan yang mereka ungkapkan ini cukup masuk akal dan cukup pantas untuk membuat mereka kecewa kepada Tuhan?

Mereka kecewa dan bersungut-sungut karena Tuhan tidak memberi mereka daging. Padahal, Tuhan memberi mereka berbagai hal yang lebih baik dan yang lebih penting daripada daging. Pertama, manna yang mereka makan setiap hari adalah mukjizat dari Tuhan. Setiap hari mereka melihat dan menikmati mukjizat-Nya. Kedua, meskipun makan daging di Mesir, status mereka di sana adalah budak. Tuhan telah memberikan kemerdekaan dan akan memimpin mereka menjadi bangsa yang mandiri dan berdaulat. Ketiga, kita tidak tahu persis sekurus apakah mereka. Namun, terlepas dari kurus atau gemuk, Tuhan telah memberi mereka kekuatan untuk bertahan dan terus berjalan di padang gurun. Bukankah semua itu lebih dari cukup untuk membuat mereka bersyukur?

REFLEKSI
Kita sering merasa kecewa karena tidak mendapatkan apa yang kita harapkan, padahal ada banyak hal yang lebih baik dan lebih penting yang Tuhan berikan kepada kita.

TEKADKU
Ya Tuhan, berilah aku kemampuan untuk melihat berbagai hal baik yang Engkau berikan kepadaku.

TINDAKANKU
Hari ini aku akan bercerita kepada seseorang mengenai satu hal yang baik dan penting yang Tuhan berikan kepadaku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*