suplemenGKI.com

Senin, 24 Mei 2021

23/05/2021

1 Korintus 12:4-11

BERBEDA-BEDA TAPI SATU TUJUAN

 

PENGANTAR
Kita pasti mengenal nama-nama seperti Pele atau Diego Armando Maradona. Mereka adalah pemain  sepakbola hebat dijamannya. Berbicara tentang olahraga sepakbola, dalam sebuah tim biasanya terdiri dari 11 orang pemain. Ke-11 pemain tentu memiliki peran yang berbeda-beda. Biasanya peran mereka dilapangan dibarengi juga dengan kemampuan atau skill yang memang mendukung peran itu. Seorang penyerang misalnya, dia tentu memiliki kemampuan berbeda dari pemain lain. Perannya adalah mencetak gol. Dan umumnya mereka memiliki kemampuan mencetak gol melalui kepala atau kedua kakinya. Meski dalam dunia sepakbola setiap pemain dalam tim memiliki peran dan kemampuan yang berbeda, namun mereka memiliki satu tujuan yang sama yakni meraih kemenangan.

PEMAHAMAN

Ayat 4-6   Dari manakah rupa-rupa karunia, rupa-rupa pelayanan dan berbagai perbuatan ajaib berasal ? Siapakah yang mengerjakan semuanya itu ?

Ayat 7-11  Apakah maksud dan tujuan dari Roh memberikan karunia yang berbeda-beda ?

Paulus menyampaikan sebuah nasihat penting kepada jemaat Kristen di kota Korintus. Paulus mendengar terjadinya konflik di dalam persekutuan jemaat Kristen. Konflik itu terjadi oleh karena berbagai macam hal. Salah satunya adalah mengenai karunia-karunia yang dimiliki oleh setiap orang dalam persekutuan jemaat. Jemaat Kristen di Korintus tidak menyadari bahwa mereka diberikan berbagai karunia dan kemampuan berbeda-beda dalam persekutuan untuk tujuan yang sama. Paulus mengingatkan bahwa karunia-karunia dan semua yang ditimbulkan oleh karunia-karunia itu berasal dari Allah dan Allah-lah yang mengerjakan semuanya itu dalam diri setiap orang.

Paulus mengingatkan jemaat bahwa Roh telah mengaruniakan kepada setiap orang kemampuan untuk mengerjakan kehendak Allah. Sehingga jemaat tidak seharusnya mempersoalkan berbagai perbedaan karunia yang mereka miliki karena pada akhirnya semua karunia yang telah diberikan memampukan tiap-tiap orang untuk melayani dan melakukan kehedak Allah.

Dalam kehidupan bergereja pertentangan antara anggota-anggota jemaat seringkali terjadi karena yang satu merasa lebih unggul dibanding yang lain. Yang satu merasa memiliki karunia yang sangat dibutuhkan ketimbang orang lain yang memiliki karunia yang berbeda. Bahkan tidak sedikit pertentangan itu berakhir pada konflik dan perpecahan.  Seringkali kita tidak menyadari bahwa Allah telah mengaruniakan kepada setiap orang kekuatan dan kemampuan untuk melayani dan melakukan kehendak Allah. Tidak perlu dipertentangkan mana yang lebih unggul dan mana yang lebih baik. Karena semua karunia itu dianugerahkan kepada umat untuk satu tujuan kemuliaan nama Allah.

REFLEKSI
Setiap orang telah menerima karunia yang berbeda-beda. Perbedaan itu bukan menjadi sumber pertentangan, tetapi harus menjadi sebuah kekayaan dalam persekutuan. Apabila memiliki karunia suara yang baik maka menyanyilah untuk kemuliaan nama Allah. Jika ada yang memiliki karunia mengajar, maka mengajarlah untuk kemuliaan nama Allah. Jika ada yang memiliki karunia berkata-kata, maka berkata-katalah untuk kemuliaan nama Allah. Dengan berbagai karunia yang dimiliki muliakanlah Allah.

TEKADKU
Ya Allah, kami semua memiliki karunia yang berbeda-beda. Seringkali ego dan kesombongan membuat kami jatuh dan lupa bahwa kami menerima karunia yang berbeda-beda bukan untuk berkompetisi tetapi untuk melayani dan melakukan kehendakMu. Mampukan kami mengetahui dan mengelola karunia yang kami miliki secara pribadi maupun dalam persekutuan untuk memuliakan namaMu.

TINDAKANKU
Bersedia terlibat dalam pelayanan gereja. Apabila memilik karunia menyanyi bersedia menjadi pemandu pujian, ikut dalam paduan suara atau vocal Grup. Apabila memiliki karunia bermusik berkomitmen terlibat dalam pelayanan ibadah di Gereja. Atau terlibat dalam pelayanan-pelayanan di gereja sesuai kemampuan yang Allah sudah karuniakan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*