suplemenGKI.com

Tuhan Lindunglah Kami

Keluaran 33:7-23

Pengantar
                Seandainya saudara menjadi seorang pemimpin dan diberi kepercayaan yang penuh oleh pimpinan perusahaan anda, untuk mengelola usaha yang ada. Namun perusahaan tersebut merugi karena karyawan saudara banyak yang tidak bertanggung-jawab, dan tidak disiplin. Bagaimana perasaan saudara untuk hal ini? Apa yang seharusnya saudara lakukan dalam hal ini? 

Pemahaman
Ay 7-8, Apa yang Musa lakukan pada kemahnya?
Ay 9-10, Apa yang Musa lakukan dalam Kemah Pertemuan?
Ay 11-16 , Apa yang Musa katakan kepada Tuhan?
Ay 17-23 , Apa yang Tuhan sampaikan kepada Musa?

Musa menjadi pemimpin bangsa Israel, setelah keluar dari Mesir menuju tanah perjanjian. Dalam perjalanan menuju tanah perjanjian, Musa menghadap Tuhan di gunung Sinai. Musa tidak memberitahukan berapa lama berada di gunung Sinai, sehingga membuat gelisah bangsa Israel yang menunggu di bawah. Maka mulai bangsa Israel merayu Harun untuk memimpin bangsa Israel, karena ketidak jelasan keberadaan Musa. Maka Harun memimpin bangsa Israel dengan menyuruh orang Israel mengumpulkan emas dan membuat patung anak lembu mas. Hal ini membuat Tuhan menyuruh Musa untuk turun dan melihat apa yang telah dilakukan bangsa Israel. Musa marah ketika melihat bangsa Israel sedang menyembah patung anak lembu emas, dan menghancurkan patung tersebut dan membunuh 3000 orang yang memihak kepada patung anak lembu emas.

Tuhan tetap pada janji-Nya, dimana Tuhan akan membawa bangsa Israel ke tanah perjanjian dan Tuhan berjanji akan menyertai perjalanan mereka. Ketika bangsa Israel berhenti atau menetap di satu tempat, maka Musa membentangkan Kemah Pertemuan dimana Musa datang kepada Tuhan dengan segala macam persoalan yang dihadapi bangsa Israel.

Musa menyadari bahwa bangsa Israel adalah bangsa yang tegar-tengkuk, maka Musa berharap dalam perjalanan menuju ke tanah perjanjian itu, Tuhan benar-benar menyertai dengan memberikan utusan-Nya ditengah-tengah bangsa Israel.  Musa benar-benar ingin diyakinkan bahwa Tuhan tetap berjalan bersama dengan bangsa Israel. Tuhan mengingatkan kepada Musa bahwa Musa dikenal Tuhan dan  mendapatkan kasih karunia di hadapan-Nya.

Namun Musa masih terus ingin diyakinkan oleh Tuhan, maka Musa minta Tuhan memperlihatkan kemuliaan-Nya kepadanya. Tuhan menegaskan bahwa Tuhan dapat menyerukan nama-Nya di depan Musa, Tuhan juga memberikan kasih karunia kepada siapa yang Tuhan kehendaki. Namun Tuhan mengingatkan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat tahan memandang wajah-Nya, dan tidak ada seorangpun yang dapat hidup kala memandang Tuhan.

Musa diingatkan bahwa Tuhan adalah Tuhan yang senantiasa menepati janji-Nya kepada umat pilihan-Nya. Tuhan tetap akan memberikan perlindungan kepada bangsa Israel dalam perjalanan menuju tanah perjanjian.

Refleksi
Renungkan: Seberapa besar percaya anda kepada pimpinan Tuhan dalam hidup anda? Bagaimana sikap kita dengan Janji-janji Tuhan dalam hidup orang percaya?

Tekadku
Ya Tuhan, ampunilah kami kalau kami sering meragukan pimpinan Tuhan dalam hidup ini.

Tindakanku
Hari ini, tidak ragu akan penyertaan Tuhan dalam pekerjaan, pergaulan, dan pelayanan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*