suplemenGKI.com

LUKAS 2:41-52

PERTUMBUHAN ROHANI SEJAK DINI

 

PENGANTAR

Jean Piaget adalah seorang tokoh yang dikenal dengan teori perkembangan intelektual. Dia mengungkapkan bahwa dalam fase perkembangan, pada umur 12 tahun seorang anak mulai mempertimbangkan tujuan-tujuan perilaku moral. Dengan demikian fase pengenalan dan proses pendalaman akan perilaku etis maupun moral mulai tertanam. 

PEMAHAMAN

  1. Apa yang Yesus ingin tunjukkan dari sikap-Nya sebagai anak Bapa?
    1. Dengan mengikuti teladan Yesus, usaha apa yang dapat kita lakukan untuk menjadi pribadi  yang dewasa secara rohani?           

Dari perikop ini kita dapat melihat dua bagian penting yang dapat kita renungkan. Pertama, ay 42 “ketika Yesus telah berumur dua belas tahun…” ini mengajarkan bahwa Yesus sejak kecil sudah tahu dan belajar firman Allah. Kesungguhan Yesus belajar terlihat dari kemampuannya bertanya jawab dengan para pemuka agama. Yesus ingin menjadi pribadi yang bukan hanya sekedar tahu tentang firman Tuhan tetapi juga mampu menjawab setiap tantangan yang ada dengan pedoman firman Tuhan.

Kedua, ay 49 “……tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?”. Artinya bahwa pengenalan yang paling utama dari Yesus adalah mengenal Bapa dan hidup dalam kehendak-Nya. Tindakan Yesus adalah menunjukkan suatu komitmen bahwa seluruh hidupnya adalah milik Bapa. Dengan demikian sangatlah tepat kalau Yesus berkata kepada Yusuf dan Maria bahwa Ia sedang berada dalam rumah Bapa-Nya. 

REFLEKSI

Bukanlah secara kebetulan kalau sampai hari ini gereja masih mempertahankan adanya sekolah minggu yang di gagas oleh  Robert Raikes. Dari pandangan ini gereja melihat bahwa pertumbuhan spiritual tidak dapat dilakukan secara instan tapi juga proses. Proses tersebut salah satunya dapat melalui pendidikan secara berkala dalam hal ini ada pada sekolah minggu sehingga pengajaran secara kristiani yang di lakukan sejak dini. Jika seorang anak dapat di gembleng secara rohani sejak kecil maka masa dewasa anak tersebut menjalani kehidupan spiritual yang benar karena telah di bekali sejak dini. 

TEKADKU
Ya Tuhan, saya sungguh bersyukur karena firman-Mu adalah sumber kebenaran. Dengan firmanMU saya mengerti jalan-jalanMU yang menuntunku melangkah dalam dunia. Biarlah firman-MU yang kurenungkan siang dan malam membawaku semakin mengenal Engkau, mempermuliakan namaMu dan menjadi berkat bagi sesama. 

TINDAKANKU
Akan menjadi orang dewasa yang tidak meremehkan pentingnya firman Tuhan bagi anak-anak dan pentingnya keteladanan hidup saya bagi generasi yang lebih muda dalam hal kecintaan terhadap firman dan ketaatan pada firmanNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*