suplemenGKI.com

Senin, 24 April 2017

23/04/2017

Kisah Para Rasul 2:14, 36-38

BERANI MEMBERITAKAN INJIL

 

Pengantar
Simon Petrus atau yang lebih akrab disebut Petrus dikenal sebagai salah seorang murid Yesus yang kontroversial. Memiliki kedekatan dengan Yesus namun menyangkali kedekatan itu saat Yesus ditangkap. Lalu bagaimanakah kelanjutan kehidupan Petrus setelah Yesus bangkit? Adakah Petrus mengalami pertobatan? Bacaan hari ini akan memperlihatkan bagaimana sepak terjang Petrus setelah Yesus mati dan di bangkitkan.

Pemahaman

Ayat 14                 Apa yang terjadi pada peristiwahari raya Pentakosta? Siapakah yang dengan keberanian menyatakan berita keselamatan?

Ayat 36-38           Pesan penting apakah yang disampaikan Petrus dalam khotbahnya dihadapan ribuan orang?

Setelah kematian dan kebangkitan Yesus, para murid tinggal di Yerusalem. Mereka tetap hidup bersama dan membangun persekutuan dalam Tuhan. Pada hari raya Pentakosta, ketika semua orang Yahudi berkumpul di Yerusalem untuk merayakannya terjadilah sebuah peristiwa yang menghebohkan. Murid-murid Yesus berkata-kata dengan menggunakan bahasa bangsa lain. Tentulah hal ini menarik perhatian banyak orang yang pada waktu itu hadir di Yerusalem (ayat 2:1-4). Kemudian Petrus dengan berani dan lantang memberitakan kabar keselamatan kepada semua orang (ayat 14).

Dalam pemberitaannya dihadapan banyak orang, Petrus menengaskan bahwa Allah telah menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan Kristus (ayat 36). Oleh karena itu Petrus mengajak dengan tegas semua orang untuk bertobat dan memberi diri untuk di baptis (ayat 37-38). Agar melalui pertobatan dan baptisan setiap orang diselamatkan dan beroleh karunia Roh Kudus.

Melalui peristiwa di hari raya Pentakosta, umat diajak untuk melihat bagaimana sikap hidup Petrus yang dikenal sebagai penyangkal menjadi pemberita injil yang berani. Perubahan hidup Petrus memperlihatkan bahwa ia mengalami transformasi iman. Ia mengalami pemulihan dan bertobat.

Refleksi
Sudahkah kita mengalami perjumpaan iman yang mengubah diri dan kehidupan kita? Adakah kita memiliki keberanian seperti Petrus dalam memberitakan injil?

Tekadku
Ya Allah mampukan kami memiliki keberanian seperti Petrus, agar berita keselamatan dapat didengar oleh banyak orang

Tindakanku
Tekun dalam doa dan mempelajari firman Allah

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«