suplemenGKI.com

KEAMANAN DAN KETENTRAMAN SEJATI

Amos 6 : 1, 4 – 7 

Pengantar
Ada orang yang berpikir bahwa keamanan dan ketentraman hidup dapat diperoleh dari tempat-tempat atau suasana tertentu yang selama ini banyak dicari dan didambakan oleh banyak orang. Namun apakah kita pernah memikirkan bahwa ada kenyataan lain yang mungkin lebih baik atau membawa keamanan dan ketentraman yang sejati. Bahkan mungkin kita tidak menyadari bahwa segala keamanan dan ketentraman hidup di tempat-tempat dan suasana tertentu tersebut justru membawa kita kepada kehancuran atau celaka. Maka mari kita memperhatikan apa yang Nabi Amos sampaikan dalam bacaan kita hari ini.

Pemahaman
Ayat 1 – 2   :  Mengapa ada peringatan tentang keamanan dan ketentraman hidup yang semu ?

Ayat 3 – 6   :  Bagaimana gambaran orang-orang yang hidup dalam kenyamanan dunia ?

Ayat 7        :  Apa yang menjadi akibat dari pilihan hidup yang mereka jalani tersebut ?

Nabi Amos mengingatkan bahwa keamanan dan ketentraman yang selama ini dirasakan bukanlah hal terbaik yang perlu dipertahankan. Semua itu menjauhkan mereka dari perhatian dan kasih kepada orang lain. Berbagai kesenangan hidup yang digambarkan dengan pembaringan yang indah, tersedianya makanan yang nikmat, suasana penuh nyanyian, dan kelimpahan anggur serta urapan minyak merupakan sesuatu yang dapat membuat seseorang ingin terus mempertahankannya.

Segala kenyamanan dengan mengabaikan orang-orang lain di sekitarnya justru akan membawa pada kehancuran karena bukan merupakan sesuatu yang dikehendaki TUHAN, bukan sesuatu yang menyenangkan hati TUHAN.

Refleksi
Apakah kita selama ini hidup dalam berbagai kesenangan dan kenyamanan hidup yang sesungguhnya tidak dikehendaki TUHAN ? Apakah kita cenderung ingin mempertahankan kehidupan tersebut, bahkan dengan mengabaikan perhatian dan kasih kita kepada sesama ?

Tekadku
TUHAN, tolonglah saya agar tidak membiarkan diri berada di tempat-tempat dan suasana yang justru menumpulkan kepekaan hati kepada sesama.

Tindakanku
Mulai hari ini, saya akan melepaskan suatu kesenangan atau tidak lagi mengunjungi tempat-tempat yang dapat membawa saya ke dalam kenyamanan hidup yang menjauhkan saya dari TUHAN dan sesama yang membutuhkan perhatian dan kasih.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*