suplemenGKI.com

DIPANGGIL HIDUP KUDUS

Imamat 19:1-18

 

Pengantar
Ada dua  gelas di atas meja. Gelas 1 terbuat dari kristal yang cantik namun di dalamnya penuh kotoran debu yang menempel. Gelas 2 terbuat dari plastik  namun bersih, tak tampak debu menempel. Bila Saudara ingin minum, akan memilih memakai gelas yang mana? Pastilah gelas  bersih yang dipilih. Gelas semewah apa pun bila kotor tak akan berguna. Demikian pula kehidupan kita. Hanya hidup yang bersih yang akan dipakai Tuhan untuk mengalirkan air hidup bagi orang lain. Oleh karenanya bila hidup kita kotor perlu segera dibersihkan. Inilah yang akan kita renungkan hari ini.

Pemahaman

  • Ayat 1-2  : Apakah yang dikendaki TUHAN bagi umat-Nya?
  • Ayat 3-18: Dalam ranah kehidupan apa saja  umat harus hidup kudus?

Sebagai umat perjanjian, umat Israel diminta oleh TUHAN untuk menjadi umat yang kudus karena TUHAN ALLAH yang adalah sesembahan umat adalah kudus (ay. 1-2). Hidup kudus  adalah hidup yang mewujudkan karakter kudus ALLAH. Apakah kudus itu? Kudus berasal dari kata Ibrani qadosh, artinya terpisah (dikhususkan), terpotong dari. Ini adalah keadaan terlepasnya seseorang dari sesuatu agar TUHAN dapat memakainya. Umat TUHAN dipanggil untuk melepaskan diri dari hawa nafsu yang mengotori dan mencemari kehidupannya. Hidup umat TUHAN dikhususkan untuk memuliakan TUHAN sehingga berbeda dari cara hidup duniawi. Kekudusan itu mesti tampak dalam kehidupan sehari-hari; dalam seluruh aspek kehidupan yaitu dalam keluarga ( ayat 3a), peribadahan kepada TUHAN ( ayat 3b-8), pekerjaan ( ayat 9-10), sikap dan tindakan terhadap sesama ( ayat 11-16) bahkan juga motivasi di balik tindakan tersebut.  Ini berarti aspek ritual tidak terpisah dari aspek sosial. Ibadah dan iman tercermin dalam moralitas  hidup sehari-hari, baik dalam hubungan kita dengan sesama maupun dalam sikap kita terhadap pekerjaan dan benda.

Manakala  umat hidup kudus maka mereka tidak akan sembarangan berpikir, berkata-kata dan bertindak serta tidak akan gampang  dikendalikan oleh hawa nafsu, tidak mudah dikotori oleh dosa. Mereka akan hidup saleh dan benar. Mereka akan memisahkan atau membersihkan kehidupannya bagi kemuliaan TUHAN sehingga dapat dipakai TUHAN untuk mengalirkan kasih dan kebaikan bagi sekitarnya.  Umat yang menjaga kekudusan hidupnya akan selalu menjadi berkat. Mereka berada dalam relasi yang baik dengan TUHAN dan sesama sehingga mengalirkan kasih TUHAN pada sesama dan lingkungan sekitarnya.

Refleksi
Dalam keheningan, nyanyikanlah lagu NKB “ Di dunia yang penuh cemar; antara sesamamu. Hiduplah saleh dan benar, nyatakan YESUS dalammu”. Apakah hidupku selalu saleh dan benar ( kudus ) di tengah dunia yang cemar?

Tekadku
Ya TUHAN, mampukanlah aku untuk hidup kudus di mana pun aku berada dan apa pun yang kukerjakan.

Tindakanku
Hari ini aku akan mengambil komitmen melepaskan hal buruk yang biasa kulakukan  (misalnya berkata keras/kasar pada orang lain) demi kemuliaan nama TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*