suplemenGKI.com

BERJUANG UNTUK MENDAPATKAN BERKAT ALLAH

Kejadian 27 :  18 – 29

 

PENGANTAR
Pada umumnya, pengertian seseorang akan berkat Tuhan cenderung dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat materi. Ketika orang kristen berdoa, “Ya Tuhan berkatilah hidup kami”, atau “Ya Tuhan berkatilah pekerjaan kami”,  maka berkat yang diharapkan adalah curahan materi yang berkelimpahan.  Memang pemahaman berkat Tuhan seperti ini tidak salah tetapi sesungguhnya berkat Tuhan bukan semata-mata berupa materi. Karena berkat Tuhan itu sangat luas dan dalam, dan ada kuasa dan kehidupan di dalam berkat. Berkat itu lebih dari sekedar harapan yang baik, tetapi berdampak bagi kehidupan dan masa depan, dimana Tuhan Allah menggenapi janji-Nya berupa berkat materi dan berkat rohani, yang akan membawa sukacita dan damai sejahtera.

Jika demikian berkat Tuhan adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia, sehingga berkat Tuhan itu harus diperjuangkan.  Bacaan kita menceritakan tentang upaya Yakub dalam memperoleh berkat Tuhan. Marilah kita pelajari dengan seksama. 

PEMAHAMAN

  1. Seberapa penting pemahaman Yakub dan Esau tentang berkat Tuhan ?
  2. Bagaimana perjuangan mereka untuk memperoleh berkat Tuhan ? ( ayat 1-17 )
  3. Apakah trik dan intrik yang dilakukan Yakub untuk mendapat berkat Tuhan tidak bertentangan dengan kehendak Tuhan ? ( ayat 18-29 )
  4. Bagaimana memahami kehendak Tuhan dalam memberikan berkat-Nya ?

Di pasal 25 : 30, dikisahkan bahwa Esau menjual hak kesulungannya kepada Yakub dengan semangkuk sup kacang merah. Itu berarti Esau menganggap berkat dan hak istimewa rohani, termasuk didalamnya keunggulan martabat, kuasa dan bagian warisan dua kali lipat adalah kurang penting. Dan dengan meremehkan hak kesulungan itu berarti melecehkan perkara-perkara rohani. Sedangkan bagi Yakub berkat Tuhan dan hak kesulungan itu begitu penting.

Sedangkan di pasal 27, Ishak merasa hidupnya tidak lama lagi, itu sebabnya ia ingin memberkati Esau sebagai ahli warisnya. Namun Ribka telah mendengar bahwa Esau telah menjual hak kesulungannya kepada Yakub dan juga mendengar bahwa Ishak akan memberkati Esau. Maka dengan berbagai pertimbangan dan resiko, Ribka dan Yakub melakukan trik dan intrik supaya berkat Tuhan itu bisa diterima oleh Yakub. Yakubpun datang kepada Ishak untuk menerima berkat Tuhan. Walaupun pada awalnya Ishak ragu bahwa yang datang itu adalah anak sulungnya namun toh pada akhirnya Ishak memberkati Yakub dengan berkat kelimpahan (28), kuasa atas saudaranya (29) dan kehidupan yang berkenan kepada Allah.

Kisah Yakub diberkati sebagai anak sulung, kelihatannya penuh dengan tipu muslihat antara Ribka dan Yakub. Namun menurut kesaksian Alkitab menyebutkan bahwa Allah sendiri yang memang menghendaki bahwa Yakub yang lebih muda yang akan memimpin Esau yang lebih tua. Seperti Firman Tuhan kepada Ribka di pasal 25 : 23, bahwa dua bangsa ada di kandungannya, anak yang tua akan menjadi hamba kepada anak yang muda. Maka Allah yang Maha Tahu akan memberikan berkat-Nya kepada siapa yang di kehendaki-Nya. Syukur kepada Tuhan Allah melalui Yesus Kristus, telah mencurahkan berkat-Nya kepada umat percaya, berupa berkat jasmani, rohani juga keselamatan sebagai berkat yang sejati. Kiranya Tuhan memberkati kita. Amin. 

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Bagaimana upaya perjuangan anda untuk memperoleh berkat Tuhan ?  Apakah anda memperjuangkan dengan kejujuran dan kerja keras/semangat ? 

TEKADKU
Ya Tuhan tolonglah saya, agar dapat mensyukuri dan menghargai berkat-Mu, yang Engkau berikan kepada saya dengan melimpah, baik itu berkat materi maupun berkat rohani. 

TINDAKANKU
Saya akan terus belajar mengucap syukur atas berkat Tuhan yang saya terima, baik berupa materi maupun rohani.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*