suplemenGKI.com

Nehemia 8:1-4

DENGAR DAN PERHATIKAN SUARA TUHAN

Pengantar

Habis gelap terbitlah terang….

Ungkapan yang tepat menggambarkan kondisi dan situasi bangsa Yehuda. Masa pembuangan di Babel  yang berat dan menimbulkan luka perlahan mulai terobati. Bangsa Yehuda diperkenankan kembali ketanah air mereka. Secara bertahap mereka kembali ke Yerusalem dan membangun kembali kota Yerusalem dan bait Allah yang hancur. Kitab Nehemia menjadi salah satu kitab yang menceritakan masa-masa pembangunan dan pemulihan bangsa Yehuda.

Pemahaman

Ayat 1-2               Apa yang diminta oleh rakyat kepada Ezra?
Ayat 3-4               Bagaimanakah respon Ezra terhadap permintaan rakyat?

Restorasi atau masa pemulihan tidak hanya tertuju pada pembangunan fisik kota Yerusalem dan Bait Suci. Pemulihan juga dilakukan dalam konteks keagamaan. Pembenahan dalam bidang keagamaan juga dilakukan mengingat bertahun-tahun lamanya bangsa Yehuda hidup ditengah-tengah bangsa asing. Ditengah-tengah pemulihan yang sedang dilakukan, kerinduan untuk mendengar suara Tuhan muncul dari rakyat Yehuda. Rakyat meminta kepada imam Ezra untuk membawa dan membacakan hukum Taurat dihadapan mereka (ayat 2). Keinginan untuk mendengar hukum Tuhan tentu lahir dari sebuah kerinduan yang kuat. Kerinduan untuk  mendengar suara Tuhan dan kerinduan untuk memulai kehidupan baru pasca pembuangan.

Ezra mendengar dan memperhatikan keinginan rakyat Yehuda. Tepat pada hari pertama bulan ketujuh, Ezra mengumandangkan kembali hukum-hukum Tuhan dihadapan rakyat Yehuda (ayat 3). Yang menarik adalah penjelasan pada ayat ke-4 yang menyampaikan bahwa seluruh rakyat mendengarkan dengan penuh perhatian.

Umat Tuhan dimasa lalu mengajarkan kepada umat betapa pentingnya memperhatikan suara Tuhan melalui firman-Nya. Bangsa Yehuda memiliki pengalaman yang sangat pahit ketika mereka mengabaikan firman Tuhan. Kehidupan mereka begitu gelap sampai Tuhan menjadi murka dan menimpakan hukuman atas mereka

Refleksi
Adakah umat Tuhan dimasa sekarang memiliki kerinduan mendengarkan suara Tuhan melalui firman-Nya? Adakah kerinduan itu begitu kuat, seperti bangsa Yehuda? Seberapa pentingkah firman Tuhan dalam kehidupan umat? Firman Tuhan adalah pelita yang menerangi kehidupan umat. Firman Tuhan akan menolong umat agar tahu bagaimana harus bertingkah laku. Keinginan dan kemauan untuk terus mendengarkan suara Tuhan melalui firman-Nya perlu untuk terus dibangun dipupuk

Tekadku
Ya Allah, tolong kami untuk selalu bertekun dalam membaca dan mendengarkan firman-Mu

Tindakanku
Rutin menyediakan waktu membaca Alkitab

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*