suplemenGKI.com

Rut 3:1-5.

 

Tempat Perlindungan Yang Membahagiakan

Pengantar:
Dalam segala situasi, kita pasti membutuhkan tempat perlindungan. Misalnya, ketika kita dalam perjalanan, tiba-tiba turun hujan maka kita akan segera mencari tempat perlindungan atau tempat untuk berteduh dari hujan. Semua orang membutuhkan rumah, untuk berlindung dari terik matahari, menjadi tempat tinggal yang membuat kita tenang, nyaman dan aman. Dalam bacaan kita hari ini, Naomi mencarikan tempat perlindungan bagi Rut menantunya, agar Rut berbahagia (v. 1)

Pemahaman:

  1. Siapakah tokoh dalam kisah yang dipaparkan dalam teks Rut 3:1-5 ini, yang membutuhkan perlindungan?
  2. Bagaimanakah sistem dan kedudukan untuk mendapatkan perlindungan, dan siapakah yang wajib menjadi pelindung bagi yang membutuhkan perlindungan?

Naomi, Orpa dan Rut, setelah ditinggalkan oleh suami masing-masing, mereka seakan seperti burung tanpa sarang. Artinya mereka tidak mempunyai tempat untuk berlindung atau berteduh (1:5) Dalam kondisi demikian Naomi berinisiatif pulang ke kampung asalnya, yaitu ke Betlehem Yehuda, sedangkan Orpa dan Rut, disuruhnya kembali ke Moab (1:8)

Pengertian “tempat perlindungan” adalah merupakan bahasa kiasan yang artinya suami atau pendamping hidup bagi seorang perempuan (1:9-13)Naomi sangat memperhatikan kebahagiaan dari para menantunya, sehingga menyarankan ke duanya (Orpa dan Rut) untuk kembali ke daerah asalnya (Moab) agar mereka bersuami demi kebahagiaan mereka. Orpa kembali ke Moab, sedang Rut bersikukuh mengikuti Naomi (1:14-22)

Dalam adat-istiadat Yahudi, mengenal perkawinan Levirat, yaitu apabila seseorang meninggal dunia dan istrinya tidak mempunyai anak, maka adik dari yang meninggal itu dapat mengawini istri dari kakaknya itu (adik ipar mengawini kakak ipar yang sudah janda) kemudian jika melalui perkawinan itu mereka mendapatkan  anak, maka anak itu menjadi penerus keturunan dari kakaknya. Boas adalah sanak Naomi, yang secara kekerabatan bisa menjadi pelindung bagi Rut (4:9-10). Naomi memerintahkan Rut untuk menghampiri Boas, dalam arti agar Boas menjadi suami Rut. Dalam kisah ini, yang perlu untuk kita perhatikan adalah ketaatan Rut kepada Naomi serta kesediaan Boas menjadi pelindung bagi Rut.

Refleksi:
Untuk menjadi taat tidak harus melakukan seperti dalam kisah di atas, menjadi pelindung  tidak harus berlaku seperti Boas. Menjadi taat yang utama adalah ketika kita melakukan firman Tuhan dengan benar, dengan demikian kita akan mampu menjadi pelindung dalam arti peduli dengan sesama sesuai dengan kehendak Tuhan.

Tekad:
Aku ingin belajar lebih taat kepada firman Tuhan, supaya aku bisa menjadi pelindung bagi sesama sesuai dengan kehendak Tuhan.

Tindakkan:
Belajar mempraktekkan firman Tuhan dengan tanpa memikirkan untung-rugi, agar panggilan untuk peduli kepada sesama bisa terwujud dengan benar dan tanpa pamrih.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*