suplemenGKI.com

Yeremia 5:18-31

EMANG ENAK DICUEKIN !

 

Pengantar
Pernahkah kita tidak diindahkan atau dicuekin oleh orang sekitar kita ? Bagaimana rasanya ? Tentu tidak menyenangkan. Perasaan kesal dan jengkel pasti muncul dalam hati kita. Tidak diindahkan atau dicuekin memang tidak menyenangkan, kita merasa diabaikan dan tidak dihargai. Sikap cuek  atau tak acuh banyak dijumpai dalam masyarakat kita saat ini. Hal itu memperlihatkan bahwa individu-individu dalam masyarakat sudah kehilangan kepekaan dan kepedulian terhadap situasi disekitarnya. Hal itu memperlihatkan bahwa masing-masing individu dalam masyarakat hanya berorientasi pada dirinya sendiri.

Pemahaman

Ayat 18-19           Apakah rencana Allah bagi umat-Nya ? Bentuk hukuman seperti apa yang akan menimpa Yehuda ?

Ayat 20-29           Kesalahan apa yang sudah dilakukan umat hingga Allah menjadi murka ?

Ayat 30-31           Apa yang akan terjadi apabila rencana Allah itu terwujud ?

Allah menyampaikan firman-Nya kepada Yeremia. Firman itu merupakan nubuatan tentang rencana penghukuman yang akan dilakukan Allah kepada umat pilihan-Nya. Allah telah melihat ketidaksetiaan bangsa Yehuda dan menetapkan hukuman atas bangsa Yehuda. Bangsa Yehuda akan ditaklukkan oleh bangsa lain.

Alasan yang jelas dan tegas disampaikan Allah kepada Yeremia bahwa hukuman itu ditimpakan oleh karena sikap bangsa Yehuda yang menyimpang dari kebenaran dan keadilan. Allah menyaksikan ada kesewenang-wenangan terhadap mereka yang miskin. Ada banyak ketidakadilan dipraktekkan umat Allah dalam kehidupan sehari-hari. Dan tidak sedikit yang hanya mencari keuntungan pribadi meski itu harus dengan cara-cara yang tidak benar. Berbagai sikap menyimpang telah membuat Allah gerah. Berulangkali diingatkan melalui para nabi namun tidak diindahkan. Teguran Allah tidak dipedulikan. Itu berarti Allah benar-benar sudah dicuekin.

Allah murka dan telah merencanakan hukuman atas umat pilihan-Nya itu. Hukuman itu tidak hanya sebagai bentuk konsekuensi atas tindakan bangsa Yehuda yang menyimpang namun juga memperlihatkan ketegasan Allah yang membenci dosa dan juga tidak mengenal kompromi. Ayat 30 dari teks bacaan menunjukkan bahwa hukuman yang akan terjadi memperlihatkan kedahsyatan dan kengerian yang akan menimpa Yerusalem dan seluruh Israel.

Hidup sebagai umat Allah berarti juga hidup memiliki kepekaan. Peka terhadap situasi sekitar, peka terhadap keadaan diri sendiri, peka terhadap suara Tuhan, peka terhadap teguran Tuhan. Sikap tak acuh atau cuek memperlihatkan ego yang besar. Sikap tak acuh atau cuek juga menunjukkan keangkuhan. Merasa diri superior atau lebih dibanding yang lain. Oleh karena itu berhentilah bersikap cuek terhadap suara Tuhan, sebelum Tuhan memutuskan untuk bersikap sama kepada umat-Nya. Tuhan mengasihi dan menyayangi umat-Nya, sehingga DIA selalu menegur dan mengingatkan umat-Nya apabila umat menyimpang dari kehendak-Nya.

Refleksi
Yeremia mengingatkan betapa pentingnya kita memiliki hati yang selalu terbuka terhadap teguran dan peringatan dari Tuhan. Mau memperhatikan dan mendengar. Bersedia untuk bertobat dan berubah.  Tuhan selalu menggunakan banyak cara untuk menegur dan mengingatkan umat-Nya. Bisa melalui berbagai peristiwa kehidupan. Bisa melalui orang-orang di sekitar. Atau bisa juga melalui firman-Nya.

Tekadku
Ya Allah mampukan kami untuk memiliki kepekaan terhadap keadaan disekitar terlebih suara-MU. Jangan biarkan kami hidup dalam ketidakpedulian sehingga tidak mengindahkan kehendak-MU dan perintah-MU. Tolong kami merubah sikap hidup yang cuek menjadi peka dan peduli

Tindakanku
Setiap hari perlu untuk meminta hikmat dari Tuhan sebelum melakukan atau memutuskan sesuatu. Perlu juga untuk selalu membaca dan mempelajari firman Tuhan dengan tekun agar tahu mana yang benar dan mana yang tidak benar menurut pandangan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«