suplemenGKI.com

Senin 2 April 2012

01/04/2012
Segala Bangsa

Segala Bangsa

Kis 10:34-43

Allah Untuk Segala Bangsa

 

Pada bagian ini, menceritakan bagaimana Petrus dipakai Tuhan untuk memenangkan Kornelius seorangĀ  perwira pasukan. Sebelum terjadi pertobatan Kornelius, baik Petrus maupun Kornelius mendapat penyataan Allah secara khusus.

  1. Apa yang menjadi konsep Petrus atau orang Yahudi terhadap orang yang diluar Yahudi?
  2. Apa yang dijelaskan oleh Petrus kepada Kornelius tentang Yesus?
  3. Apa yang menjadi tugasĀ  orang percaya kepada mereka yang belum percaya?
  4. Pelajaran apakah yang kita dapatkan dari bacaan ini?

 

Renungan:

Bagi orang-orang Yahudi konsep keselamatan dari Allah hanya untuk umat pilihan Allah yaitu bangsa Israel, hal inilah yang membuat bangsa Israel merasa bahwa mereka lebih dikasihi oleh Allah. Dengan demikian hal ini juga membuat mereka bersikap tertutup dengan bangsa lain. Sikap demikian juga terdapat dalam diri Petrus, namun setelah Petrus mendapat penyataan dari Allah, maka Petrus memiliki sikap terbuka dengan orang di luar bangsa Israel. Sikap terbukanya ini dimulai ketika Petrus menerima pertobatan perwira Kornelius. Tuhan memberikan kesempatan Petrus untuk mengabarkan Injil kepada Kornelius dan keluarganya.

Petrus menyatakan bahwa Tuhan sesungguhnya tidak membeda-bedakan orang, di hadapan Tuhan semua orang sama, tidak ada yang lebih baik. Yesus yang diurapi Allah telah berjalan keliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang sakit dan yang kerasukan setan.

Petrus mengatakan bahwa ia bersama-sama dengan murid-murid yang lain adalah saksi dari semua apa yang telah dilakukan oleh Yesus. Demikian juga Petrus adalah saksi dari pembunuhan yang dilakukan oleh orang Yahudi terhadap Yesus dengan cara menyalibkan-Nya. Bukan hanya penderitaan Yesus yang ia saksikan namun Petrus juga menyaksikan Yesus yang bangkit pada hari ketiga, serta Yesus yang menampakkan diri-Nya kepada para murid.

Petrus bersama-sama murid-murid yang lain juga mendapat penugasan untuk memberitakan kepada segala bangsa bahwa Yesus telah ditentukan Allah akan menjadi Hakim bagi setiap orang yang hidup dan orang-orang yang mati, di dalam Yesus ada pengampunan dosa.

Allah yang dipahami oleh Petrus, adalah Allah untuk semua bangsa, maka Petruspun mau memberitakan Injil di luar orang-orang Yahudi.

Bagaimana pemahaman kita tentang Allah? Apakah Allah kita juga untuk semua orang? Kalau memang demikian, apakah yang sudah kita perbuat dengan orang-orang yang ada diluar kita? Orang-orang yang ada diluar kita bisa saja orang di luar suku kita, di luar agama kita, di luar keluarga kita, di luar pekerjaan kita dll. Apakah kita pernah memikirkan mereka untuk mendapatkan keselamatan di dalam Yesus?

Allah untuk semua bangsa, maka keselamatan juga untuk semua bangsa. Mari kita menjadi bagian di dalam rencana keselamatan Allah bagi semua bangsa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«