suplemenGKI.com

Daniel 7: 9-10

TETAP SETIA MENGIKUT TUHAN

Pengantar
Nama Daniel memiliki arti “Allah adalah Hakim”. Kitab Daniel digolongkan dalam kitab Apokaliptik. Ciri yang paling menonjol dalam kitab Apokaliptik adalah penggunaan bahasa atau kata yang bernada simbolik. Oleh karenanya tidak mudah memahami kitab Apokaliptik seperti kitab Daniel dalam Perjanjian Lama, dan Surat Wahyu dalam Perjanjian Baru. Ungkapan yang bernada simbolik seringkali disalah artikan dan disalahtafsirkan. Akibatnya pesan sesungguhnya yang hendak disampaikan menjadi kabur atau tidak jelas.

Kitab Daniel haruslah ditempatkan pada masa krisis yang dialami oleh Israel. Saat umat pilihan Allah berada di Babel. Daniel menyampaikan nubuat tentang hal-hal yang akan terjadi dimasa depan, dimana umat Allah akan berhadapan dengan berbagai penderitaan dan penganiayaan.

 

Pemahaman

Ayat 9-10             Siapakah yang dimaksudkan Daniel dengan “Yang Lanjut Usianya”? dan apakah yang akan dilakukanNya?

Memahami kitab Apokaliptik memang tidak semudah memahami bagian lain dalam Alkitab. Penglihatan Daniel dalam teks bacaan memaparkan penglihatan Daniel tentang masa depan. Allah dilambangkan  sebagai “Yang Lanjut Usia”. Allah duduk diatas tahta kekuasaan-Nya dan semua bangsa akan datang kepada-Nya untuk berhadapan dengan pengadilan tertinggi dimana Allah menjadi hakim.

Penglihatan Daniel merupakan nubuatan tentang masa depan umat Allah. Penderitaan dan penganiayaan akan menjadi tantangan yang dihadapi umat Allah diberbagai tempat. Nubuatan Daniel menolong kita untuk menyadari bahwa hidup sebagai umat pilihan Allah membawa konsekuensi yang tidak mudah. Namun umat diharapkan tetap hidup setia dan bersandar kepada Allah. Seberat apapun tantangan dan penderitaan, semua akan dapat dilewati oleh karena Allah adalah sandaran dan nahkoda kehidupan umat.

Refleksi
Mari kita renungkan, adakah kita berhadapan dengan berbagai tekanan dan penderitaan yang disebabkan oleh karena keyakinan kita kepada Allah ? Adakah kita tetap setia dan tetap bersandar kepada-Nya?

Tekadku
Ya Allah, tolong dan mampukan aku untuk tetap setia mengikut Engkau. Meski aku harus berhadapan dengan berbagai tantangan dan penderitaan.

Tindakanku
Berdoa kepada Allah agar tetap dikuatkan menghadapi setiap tantangan. Tekun dalam pembacaan dan perenungan firman-Nya agar tetap hidup seturut kehendak-Nya dan tidak tersesat

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*