suplemenGKI.com

Senin, 19 Juli 2021

18/07/2021

Senin, 19 Juli 2021

SAHABAT DOA

Ibrani 13:18-25

 

Pengantar
Dalam menjalani hidup sebagai orang percaya, Tuhan senantiasa menghadirkan banyak rekan untuk memperlengkapi diri kita. Kita tidak akan berjalan seorang diri, tetapi ada orang-orang yang memberikan dukungan dan penguatan. Pun demikian halnya dalam kehidupan pelayanan yang Tuhan percayakan. Pelayanan akan dapat berjalan dengan baik jika setiap anggota dalam suatu komunitas saling menopang dan mendoakan satu sama lain.

Pemahaman

  • Ayat 18-19     : Apa yang menjadi kerinduan penulis surat Ibrani pada umat percaya ?
  • Ayat 20-21     : Hal-hal apa sajakah yang dipanjatkan dalam doa oleh si penulis surat?

Bagian yang kita baca hari ini merupakan penutup dari surat Ibrani. Penulis surat Ibrani memohon agar orang-orang percaya mendoakan dirinya dan juga sesama rekan sependeritaannya (ayat 18). Ia bukan hanya berfokus pada pengajaran yang pernah disampaikannya, tetapi juga berbagi beban kerinduan agar jemaat yang pernah dilayaninya dapat mengalami pertumbuhan iman. Di sisi lain, doa dari umat percaya juga sangat diharapkan agar si penulis surat Ibrani dapat kembali berjumpa dengan mereka (ayat 19).

Penulis surat Ibrani bukan hanya berbagi beban kerinduannya, tetapi ia juga mau memanjatkan doanya kepada Allah bagi jemaat. Ia memohon agar Allah yang adalah sumber damai sejahtera, memperlengkapi orang percaya dengan segala yang baik (ayat 21). Penulis surat Ibrani sangat meyakini bahwa Allah akan menyempurnakan kehidupan umat-Nya dengan hati yang baru agar dapat menjalani kehidupan seturut ketetapan firman-Nya. Oleh karena itu, si penulis surat Ibrani berharap agar orang percaya dapat menerima nasehat dan kerinduannya dengan kerelaan hati (ayat 22).

Setelah memberikan penjelasan yang singkat di bagian penutup, si penulis surat memberikan salam dan ucapan berkat yang singkat dan khidmat (ayat 24-25). Penulis surat berharap agar perkenanan Allah selalu tertuju dalam hidup orang percaya, dan kasih karunia Kristus senantiasa bekerja, sehingga mereka dapat dipersatukan bagi kemuliaan Allah. Saudara, melalui perenungan ini kita diingatkan bahwa orang percaya memerlukan sikap saling mendoakan agar selalu bertumbuh dalam anugerah Allah dan mempersembahkan kualitas hidup yang baik.

Refleksi
Sebagai bagian dari tubuh Kristus, kita juga diajak untuk turut berpartisipasi menumbuhkembangkan sikap saling peduli sebagai wujud kasih pada sesama. Salah satu bentuk kepedulian itu dapat diwujudkan melalui doa. Kita memerlukan dukungan doa dari sesama orang percaya agar dapat meneladankan kasih Kristus dalam keseharian.

Tekadku
Tuhan, ajarlah aku untuk membangun kepedulian sebagai bagian dari tubuh Kristus dengan bersedia untuk saling mendoakan satu sama lain. Tuntunlah, agar kami dapat mempraktekkan kehidupan yang penuh kasih dalam hidup sehari-hari.

Tindakanku
Hari ini aku akan mengajak salah seorang temanku untuk berdoa bersama melalui telephone/HP. Kami akan berdoa bagi teman yang sedang sakit atau sedang mengalami pergumulan berat, bangsa dan negara, serta pelayanan yang telah Tuhan percayakan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«