suplemenGKI.com

Yunus 3:1-5.

 

Pertobatan Adalah Karya Tuhan

 

Pengantar:
Tidak jarang orang berpikir bahwa seseorang bisa menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamatnya adalah karena jasa manusia lain yang memberitakan Injil kepada orang tersebut. Memang Tuhan bisa memakai unsur manusia lain untuk menarik seseorang agar menjadi percaya kepada-Nya, namun sesungguhnya Tuhan sendiri melalui kuasa Roh Kudus-Nya yang telah menuntun seseorang untuk datang kepada Tuhan Yesus dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamatnya (Band 1Kor 12:3) Bacaan kita hari ini berkisah tentang Tuhan memakai Yunus untuk menarik bangsa Niniwe agar bertobat dan datang kepada-Nya.

 

Pemahaman:

  1. Atas perintah siapakah Yunus pergi menyerukan pertobatan kepada bangsa Niniwe?
  2. Berapa kali Tuhan memerintahkan Yunus baru kemudian berangkat ke Niniwe?
  3. Apakah Yunus pergi ke Niniwe untuk menyerukan pertobatan itu karena ia mengasihi Niniwe?

 

Tuhan telah melihat kejahatan bangsa Niniwe sudah sangat besar (Lih. 1:2, 4:11) Ia tidak ingin bangsa Niniwe binasa karena kejahatan mereka. Maka Tuhan menaruh belaskasihan kepada Niniwe, kemudian memerintahkan Yunus pergi ke Niniwe untuk menyampaikan atau menyerukan pertobatan kepada Niniwe.

Namun Yunus tidak melakukan perintah Tuhan kepadanya. Yunus kemudian mengambil jalannya sendiri menuju ke Tarsus melarikan diri dari panggilan Tuhan kepadanya. Itu berarti Yunus tidak bersedia menyerukan pertobatan kepada Niniwe. Karena sesungguhnya Yunus tidak ingin bangsa Niniwe yang jahat itu diselamatkan oleh Tuhan (Lih. 4:1, 3) Kemudian Tuhan mengizinkan Yunus ditelan oleh seekor ikan besar (Lih. Yun 1:17)

Namun Karya keselamatan Tuhan kepada Niniwe tidak berhenti karena ketidaktaatan Yunus. Kemudian Tuhan memberi kesempatan ke dua kepada Yunus untuk menyerukan pertobatan kepada Niniwe. Maka Yunus pun benrangkat dan menyerukan pertobatan kepada Niniwe (Lih. 3:1-5) Dan Tuhan memakai Yunus untuk menyelamatkan Niniwe dari kebinasaan karena kejahatan mereka. Niniwe mengalami pertobatan secara masal. Sebuah karya besar Tuhan menyelamatkan Niniwe sekalipun Yunus tidak menghendakinya. Pertobatan seseorang adalah karya Tuhan, dan tidak bisa dibatasi atau dihambat oleh ketidaktaatan manusia lainnya.

 

Refleksi:
Jika Tuhan yang berkehendak menyelamatkan seseorang atau suatu bangsa maka jangan ada yang mencoba untuk menghalanginya, karena keselamatan adalah sepenuhnya karya Tuhan.

 

Tekad:
Jika Tuhan hendak memakai aku menjadi alat bagi karya keselamatan-Mu, untuslah dan pakailah aku ya Tuhan, aku siap menjadi alatMu.

 

Tindakan:
Aku berdoa, agar Tuhan memakaiku menjadi alat bagi karya keselamatanNya, walaupun aku adalah seorang yang berdosa dan hina.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*