suplemenGKI.com
God Is Love

God Is Love

Yesaya 62:1-5 

Sebab Tuhan Telah Berkenan Kepada-mu

             Kehidupan adalah ibarat sebuah roda yang selalu berputar, pada saat tertentu satu sisi harus berada di bawah, tetapi pada saat yang lain sisi tersebut akan berada di atas. Itulah sebuah pepatah umum yang kira-kira maknanya adalah demikian: terkadang hidup ini susah, sulit atau menderita tetapi yakinlah ada saatnya nanti akan menjadi baik, indah dan menyenangkan. Keadaan demikian mengingatkan kita pada konsep, bahwa kehidupan itu tidak selamanya baik, indah dan menyenangkan, adakalanya akan mengalami susah, sulit dan tidak menyenangkan.

            Dua keadaan ekstrim yang digambarkan seperti roda perputar terkadang di atas dan terkadang di bawah, memang bisa disebabkan oleh kesalahan kita sendiri, karena kita lalai, teledor atau mungkin karena keberdosaan kita sendiri. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga karena ada faktor-faktor luar yang menyebabkan kita menderita, susah atau sulit. Sama seperti sebuah roda, ia baru akan berputar jika ada yang menggerakannya. Hidup manusia juga akan berputar sesuai dengan kemauan yang menggerakkannya. Jika hidup ini diserahkan pada keakuan, kekuatan dan kemauan diri sendiri bisa jadi roda hidup ini akan di bawah terus, karena kemampuan kita terbatas. Tetapi jika hidup ini diserahkan kepada Tuhan sang pemilik kehidupan, maka kekuatan Tuhanlah yang akan mengangkat kita pada posisi di atas.

Yesaya 62 ini mengisahkan begitu banyak pernyataan bahwa keadaan Sion (umat Israel) akan terbebas dari keadaan keterpurukan, kegelapan dan penderitaan oleh karena pertolongan Tuhan. Roda kehidupan mereka akan berada di atas apabila roda kehidupan diserahkan pada pertolongan Tuhan. 

  1. Sebenarnya apa yang terjadi dengan Sion (umat Allah) yang membuat mereka berada dalam kondisi susah, sulit atau menderita sehingga harus ada pemulihan bagi mereka?
  2. Apa saja faktor-faktor yang membuat Sion mengalami kesulitan, kesusahan dan penderitaan? Dan bagaimana dengan keadaan pihak-pihak yang telah membuat Sion menderita ketika Tuhan memulihkan Sion? Apa makna dari tindakkan Tuhan menolong Sion itu?

 Renungan:

            Kita pasti sudah mengetahui bahwa bangsa Israel karena keberdosaan dan ketegaran hati mereka maka Tuhan menghukum mereka dengan membuangnya ke Babel. Di sana mereka mengalami kesulitan, kesusahan dan penderitaan. Tetapi karena Tuhan telah memilih mereka menjadi umat pilihan-Nya, rupanya tidak ingin terlalu lama melihat mereka mengalami hukuman. Sehingga Tuhan akan memulihkan keadaan mereka. Tindakkan pemulihan Tuhan itu digambarkan dengan begitu indah oleh Yesaya (baca. 62:2-5) semuanya memakai bahasa kiasan yang menunjukkan bahwa Tuhan memulihkan keadaan Sion dengan sempurna. Mereka yang tadinya susah, sulit, kesepian seakan ditinggalkan oleh Tuhan tetapi kini mereka disebut “engkau akan menjadi mahkota keagungan, engkau tidak lagi disebut yang ditinggalkan suami, engkau tidak akan disebut lagi yang sunyi, engkau akan dinamai yang berkernan kepada-Ku…dan seterusnya”  semua itu mengungkapkan pemulihan Tuhan bagi Sion.

            Di sinilah kita melihat dengan jelas, bahwa Tuhan berkenan kepada umat-Nya adalah karena kemurahan dan belaskasihan-Nya. Cara Tuhan mengajar umat-Nya memang terkadang sangat berat tetapi itu mengingatkan kita agar kita belajar taat dan setia kepada-Nya. Tuhan yang berkuasa mengangkat kehidupan umat-Nya. Yerusalem yang merupakan simbol kota Allah, simbol keselamatan, simbol kemenangan kembali ditegakkan sehingga kembali bersinar untuk menyatukan semua umat-Nya dan semua bangsa. Yerusalem akan dipenuhi dengan kemuliaan dan kebenaran Tuhan sehingga umat-Nya akan mengalami kehidupan yang penuh dengan damai sejahtera dan sukacita, karena Tuhan telah berkenan kepadanya.  Saudara jika kita ingin mengalami perkenanan Tuhan dalam hidup kita, tidak ada jalan lain kecuali kita belajar taat dan setia berjalan di jalan-Nya, niscaya kita akan mengalami damai sejahtera dan sukacita senantiasa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*