suplemenGKI.com

Senin, 19 April 2021

18/04/2021

KEMBALI KEPADA TUHAN

Yeremia 30:1-11

 

Pengantar
Semakin tepat cara pemulihannya, maka semakin cepat juga proses penyembuhan luka dalam tubuh. Itulah salah satu cara kerja sistem pemulihan tubuh. Nubuat Tuhan melalui nabi Yeremia juga adalah tentang pemulihan kehidupan bagi Israel dan Yehuda.

Pemahaman

  • Ayat 1-7                : Masalah apa yang akan dipulihkan oleh Tuhan?
  • Ayat 8-11             : Apa bentuk pemulihan yang dijanjikan oleh Tuhan?

Setelah kematian Salomo, kerajaan Israel terpecah menjadi dua, yaitu Israel (bagian Utara) dan Yehuda (bagian Selatan). Alkitab mencatat bahwa beberapa kali raja-raja, baik Israel maupun Yehuda, melakukan hal-hal yang jahat di mata Tuhan dan menjauh dari perintah Tuhan. Mereka menyembah kepada dewa-dewa dan tidak lagi percaya kepada Tuhan. Hanya karena kasih Tuhan yang begitu besar bagi bangsa-Nya yang dapat memulihkan kondisi Israel agar kembali seperti semula. Firman Tuhan datang kepada Yeremia sebagai bukti kasih Tuhan masih ada bagi kedua bangsa tersebut. Tuhan berjanji akan memulihkan kondisi Israel dan Yehuda. Pada saat itu, kerajaan Babel tengah berkuasa, merampas tanah milik mereka, dan menindas mereka. Pemulihan itu akan terjadi dengan cara Tuhan membuat mereka kembali kepada kehidupan semula, yaitu kehidupan yang terlepas dari berbagai penderitaan. Nubuat ini mengajak kita mengingat bahwa kehidupan bangsa Israel sebelum terpecah adalah kehidupan bangsa yang sungguh-sungguh patuh pada setiap perintah Tuhan.

Yeremia menyampaikan kabar baik itu bagi bangsa Israel dan Yehuda yang sedang ada dalam masa pembuangan atas penaklukkan Babel. Penderitaan yang mereka alami dapat dilihat melalui penggambaran yang diberikan oleh Sang Firman. Mereka hidup dalam kegentaran dan tidak ada damai, penuh dengan keluh kesah dan kesusahan. Semuanya itu akan sirna apabila mereka kembali kepada Tuhan. Mulai ayat yang kedelapan, kondisi pemulihan itu mulai dijelaskan. Mereka akan terlepas dari tali-tali pengikat yang menyengsarakan. Mereka tidak lagi mengabdi kepada penindas tetapi mengabdi kepada Tuhan. Tuhan sendiri yang akan bertindak untuk menolong umat-Nya terlepas dari berbagai penderitaan. Kitab Yeremia memberi penekanan pada hal yang paling utama adalah tentang kembalinya mereka untuk percaya kepada Tuhan dan mengimani hidup mereka di dalam Tuhan. Nubuat dari Tuhan menggunakan nama Yakub untuk mengingatkan kembali tentang nama lain Israel pada masa lalu. Pada akhirnya, nubuat ini memang mengajak setiap pendengarnya untuk kembali kepada Tuhan. Nubuat ini tidak hanya berisi tentang janji.  Tuhan juga memberi kekuatan kepada bangsa-bangsa tersebut. Melalui Yeremia, Tuhan mengajak mereka untuk kuat dan tidak gentar sebab mereka akan menerima penyelamatan yang nyata dan hidup dengan tenang dan aman. Ayat 11 menjadi puncak yang menjelaskan maksud dari nubuat penyelamatan itu, yaitu sebab Tuhan menyertai mereka, sekaligus akan mengajarkan setiap umat-Nya untuk menuruti hukum-Nya, dan mengampuni mereka dari kesalahan dengan tak memandang umat-Nya dengan kesalahan.

Refleksi
Di awal minggu ini, marilah kita merenungkan pertanyaan-pertanyaan berikut: 1) apakah hidupku selalu dekat dengan Tuhan dan tidak pernah berusaha menjauh dari rancangan-Nya? 2) apakah ada perbuatan dosa atau yang tak berkenan di hadapan Tuhan, yang membuatku semakin menjauh dari-Nya? 3) Jika pada saat ini Tuhan mengajakku untuk kembali kepada-Nya dengan cara meninggalkan semua perbuatan-perbuatan yang tak berkenan, apakah jawabku kepada-Nya?

Tuhan memberi pemulihan yang tepat bagi umat-Nya yang sedang menderita. Tuhan menyelamatkan umat-Nya yang sedang tertindas akibat dari perbuatan mereka sendiri yang pergi meninggalkan Tuhan. Hari ini, kita diajak untuk menyelami maksud penyelamatan Tuhan bagi kita semua dengan berkomitmen dengan jalan hidup yang kembali kepada Tuhan.

Tekadku
Tuhan, kami bersyukur atas cinta kasih-Mu yang besar dan mengajak kami semua untuk kembali kepada-Mu melalui pikiran dan perbuatan yang berkenan kepada-Mu.

Tindakanku
Pada hari ini, saya akan berkomitmen untuk meninggalkan satu perbuatan dosa yang sering saya lakukan dalam rangka menghidupi panggilan untuk hidup kembali kepada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*