suplemenGKI.com

Senin, 18 Mei 2020

17/05/2020

HABIS HUJAN TAMPAK PELANGI

Kejadian 9:8-17

 

Pengantar
“Habis hujan tampak p’langi bagai janji yang teguh, di balik duka menanti p’langi kasih TUHAN-mu.” Itulah syair refrein lagu “ Jalan Hidup Tak Selalu” (NKB 170).  Lagu yang sering kita nyanyikan ini mengingatkan kita pada janji TUHAN yang dikisahkan dalam Kejadian 9:8-17. Marilah kita merenungkannya!

Pemahaman

  • Ayat 8- 10            : Kapankah janji TUHAN diberikan?
  • Ayat 11                 : Apakah isi janji TUHAN?
  • Ayat 12-17           : Apakah tanda perjanjian ALLAH dengan  Nuh dan segala makhluk di bumi?

Setelah air bah surut, tentu Nuh dan keluarganya menghadapi kondisi yang tak mudah. Bayangkanlah air bah telah membuat hancur dan porak poranda kehidupan di bumi. Lalu bagaimana mereka  bisa melanjutkan kehidupan?  Syukurlah ALLAH tak tinggal diam. Dia memberi jaminan masa depan yang penuh pengharapan.

TUHAN berjanji kepada Nuh dan keluarganya serta binatang-binatang yang selamat dari air bah, bahwa tidak akan ada lagi air bah yang memusnahkan bumi (ayat 11). Janji ini memberi ketenangan sebab air bah adalah bencana dahsyat yang menghancurkan bumi. Dengan janji ALLAH  ini, Nuh dan keturunannya serta segala makhluk hidup yang tersisa dijamin keselamatannya oleh ALLAH.   Maka ALLAH pun membuat  tanda perjanjian keselamatan dalam simbol busur  (Ibr: qeset) yang ditaruh di awan.  (ayat 12-13). Inilah yang sekarang kita sebut dengan pelangi.

Pelangi digambarkan seperti “busur seorang pemanah”. Busur adalah senjata perang yang sangat ditakuti, karena dapat melukai lawan walaupun di tempat yang sangat jauh dan tersembunyi. Namun ternyata ALLAH sendiri meletakkan senjatanya seraya mengumumkan damai dan keselamatan. Senjata perang diubah menjadi tanda perdamaian & keselamatan. Senjata yang seringkali melukai, membuat musuh takut, gentar dan bersembunyi,  sekarang dipakai sebagai alat perdamaian dan keselamatan sorga dan bumi. Bahkan tanda itu dipakai sebagai alat pemulihan luka-luka manusia, alam dan jagad raya. Semula busur yang dilengkapi dengan anak panah dipakai oleh ALLAH untuk memanah setiap umat yang berdosa, sehingga mereka binasa. Tetapi setelah bumi dibersihkan dari perbuatan dosa, ALLAH mengambil keputusan untuk menempatkan kasih-karunia-Nya yang membarui kehidupan umat yang berdosa. Karena itu simbol busur (qeset) yang dilambangkan dalam wujud pelangi bermakna ‘tumbuhnya pengharapan dan keselamatan yang baru’.

Busur ALLAH yang ditampilkan dalam bentuk pelangi juga mengingatkan umat agar  beriman akan kasih karunia ALLAH yang menjaga dan melindungi mereka. Pelangi adalah tanda bahwa ALLAH tidak meninggalkan manusia dan ciptaan-Nya. Pelangi adalah tanda ALLAH sendiri yang memulihkan luka-luka yang besar sekalipun. Kita tak perlu takut pada awan hitam dan hujan lebat sebab habis hujan tampak pelangi. ALLAH menghapus ketakutan kita dan menggantikan dengan indahnya pelangi yang membawa sukacita di hati.  Sehebat apa pun bencana , wabah penyakit atau persoalan lain yang menimpa kita pasti akan berlalu sebab ALLAH berjanji memberi keselamatan dan kasih karunia kepada kita semua. Oleh karena itu,  kita perlu terus beriman dan berpengharapan kepada ALLAH agar dapat merasakan pelangi kasih-Nya.

Refleksi
Dalam keheningan, ingatlah apakah Saudara pernah mengalami takut atau galau ketika dilanda persoalan yang hebat? Apakah Saudara percaya bahwa di balik awan hitam persoalan, TUHAN sedang menyiapkan pelangi kasih-Nya bagi Saudara?

Tekadku
Ya TUHAN mampukanlah aku untuk melanjutkan kehidupan dengan semangat sebab Engkau selalu melindungi dan menyelamatkan aku.

Tindakanku
Aku akan bangkit dari kegalauan dan melanjutkan karya kehidupan dengan sukacita.  Apa pun yang terjadi aku akan terus beriman dan berpengharapan pada ALLAH, Sang Sumber keselamatan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«