suplemenGKI.com

Senin, 18 Mei 2015

17/05/2015

Kisah Para Rasul 2:1-13

ROH KUDUS YANG MENGUBAHKAN

 

Pengantar
Ditinggalkan orang yang sangat dekat dengan kita untuk selamanya tentu memberikan pengaruh besar dalam perjalanan kehidupan kita. Kebanyakan dari kita tentu merasakan patah semangat dan hilang arah. Para murid Yesus pun sempat merasakan itu. Setelah Yesus naik ke surga mereka sempat bertanya-tanya apa yang harus mereka lakukan. Akankah mereka mampu menjalani tanggung jawab yang dipercayakan Yesus kepada mereka? Memang Yesus menjanjikan akan memberikan Roh Kudus sebagai penolong bagi mereka. Namun akankah janji itu nyata dalam kehidupan para murid?

Dalam renungan inilah kita melihat bagaimana cara Allah memperlengkapi setiap orang yang dipercayakan menjadi alat untuk memberikan kesaksian tentang Allah.

Pemahaman

  1. Apakah yang dilakukan para murid setelah Yesus naik ke surga?
  2. Apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun di atas para murid?
  3. Bagaimana reaksi banyak orang melihat apa yang terjadi dengan para murid?
  4. Apa yang dapat kita renungkan dari peristiwa yang dialami para murid saat Roh Kudus sungguh bekerja di dalam diri mereka?

Bacaan kita ini memperlihatkan peristiwa besar yang terjadi dalam kehidupan para murid setelah kenaikan Yesus. Saat semangat mulai pudar dan mulai hilang arah, Allah hadir memperlengkapi para murid.

Saat hari Pentakosta (hari ke-50 setelah Paskah, hari perayaan panen gandum), banyak orang berkumpul di Yerusalem. Para murid saat itu pun berkumpul di satu ruangan sambil menanti janji Tuhan. Ketika itulah terdengar suara gemuruh dan terlihat seperti lidah api turun atas para murid. Seketika itu juga penuhlah para murid dengan Roh Kudus dan mereka pun berbicara dengan berbagai macam bahasa.

Janji Yesus pun tergenapi. Ia memperlengkapi murid-murid untuk dapat bersaksi ke seluruh bangsa. Semangat yang sempat pudar kini menyala lagi. Murid-murid merasakan bagaimana Roh Kudus sungguh mengubah mereka menjadi pribadi yang baru. Bukan sekadar mampu berbicara dalam bahasa yang berbeda tapi memiliki semangat dan keberanian baru untuk bersaksi kepada semua orang.

Refleksi
Kita tentu pernah ragu dan hilang arah dalam melayani Tuhan. Renungkanlah apa yang dialami para murid. Sudahkah kita sungguh membuka hati kita untuk diubahkan oleh Tuhan melalui Roh Kudus yang hadir dl dalam diri kita?

Tekad
Tuhan, banyak pergumulan hidup yang membuat kami patah semangat. Namun, mampukan kami untuk meyakini janji Tuhan bahwa Tuhan selalu hadir menjadi penolong melalui Roh Kudus untuk memperlengkapi kami melayani-Mu dan melewati setiap tantangan dalam hidup.

Tindakan
Saya akan memberikan yang terbaik bagi Tuhan lewat setiap pelayanan yang saya kerjakan baik di keluarga, gereja dan masyarakat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*