suplemenGKI.com

Bacaan : 2 Samuel 7 : 1 –  16.

Thema : Janji yang manis.

PENGANTAR.
Dalam minggu adven ke empat ini kita akan merenungkan sebuah perjalanan panjang janji Allah yang telah berlangsung seribu tahun, tetapi masih terekam kuat dalam sejarah dan tradisi Israel. Sebuah janji tentang pembebasan, penyelamatan dan pengokohan kerajaan Daud yang akan di genapi dalam kehadiran Sang Mesias. Penggenapan janji itu dilakukan oleh Allah dengan cara yang kreatif, jelas dan memperlihatkan bahwa  janji dan kuasa Allah tidak dibatasi oleh waktu.

PEMAHAMAN.

  1. Apakah yang menjadi kerinduan raja Daud kepada Tuhan ? ( ayat 1 – 3 )
  2. Apa karya Tuhan yang telah Tuhan kerjakan dalam kehidupan Daud ? ( ayat 4 – 11 )
  3. Apa janji Tuhan kepada Daud ? ( ayat 12 – 16 )
  4. Bagaimana sifat janji Allah tersebut ?

Ketika raja Daud berada dalam puncak kejayaannya, rakyat israel dan kerajaan dalam kondisi aman dan sejahtera, raja Daud mengungkapkan kerinduannya kepada nabi Natan. Kerinduan raja Daud adalah ingin mendirikan rumah Tuhan/ Bait Suci (ayat 2). Akankah kerinduan raja Daud tercapai ? nabi Natan pun mendukung kerinduan raja Daud tersebut (ayat 3). Namun Tuhan berkehendak lain raja Daud. Terhadap kerinduan raja Daud untuk membangun Bait Suci, Tuhan menghendaki bahwa Bait Suci akan dibangun oleh Salomo.  Tuhan justru mengingatkan Daud akan segala karya-Nya yang telah dilakukan kepada Daud. Allah telah menyertai dan memberkati Daud bukan hanya sampai dan selama Daud menjadi raja, tetapi juga akan mengokohkan kerajaannya.

Janji Tuhan kepada Daud unntuk mengokohkan kerajaannya berkembang  kepada sebuah janji penyelamatan, yaitu akan datangnya Mesias.  Puncak dari janji Allah adalah bahwa dari keturunan Daud akan muncul seorang yang akan menjadi Mesias dan raja yanng kekal. Raja ini akan memerintah umat israel yang setia  dan semua bangsa di dunia ini. Ini berarti sebuah janji  keselamatan yang menyeluruh dan kekal.

Kita patut bersyukur karena janji Allah akan datangnya Sang Mesias juga untuk kita yang hidup di jaman modern saat ini. Kiranta janji keselamatan itu dapat kita sambut dengan hati yang terbuka dan penuh  sukacita.

REFLEKSI.
Marilah kita mengambil saat hening sejenak ! bagaimanakah respon saudara terhadap penggenapan janji Allah di dalam diri Yesus Kristus menjadi jalan keselamatan ?

TEKADKU.
Ya Yesus Kristus, trima kasih, Engkau telah datang ke dunia fana ini sebagai Juruselamat dunia. Kini saya  membuka hati untuk Tuhan.

TINDAKANKU
Selama minggu adven terakhir ini saya akan terus menyediakan hati menyambut Yesus Kristus sang Juruselamat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*