suplemenGKI.com

Senin, 17 Mei 2010

16/05/2010

Kisah Para Rasul 2 : 1 – 13.

MAKNA HARI RAYA PENTAKOSTA.

Bacaan hari ini mengisahkan sebuah peristiwa yang terjadi pada sebuah perayaan/upacara besar yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi. Perayaan yang dimaksud adalah hari Raya Pentakosta. Dalam perayaan Pentakosta ini setiap laki-laki Yahudi yang tinggal dalam radius 20 mil sekitar Yerusalem, menurut hukum, terikat untuk datang. Sedangkan nama lain untuk Pentakosta ialah “Perayaan atau Pesta seminggu”, dengan demikian perayaan Pentakosta merupakan perayaan besar lainnya setelah Paskah.

  1. Apa makna perayaan hari raya Pentakosta bagi orang-orang Yahudi saat itu ?
  2. Apa makna perayaan Pentakosta bagi orang Kristen saat itu ?
  3. Dan apa makna perayaan Pentakosta bagi orang Kristen saat ini ?

RENUNGAN.

Bagi orang Yahudi perayaan hari raya Pentakosta memiliki makna yang khas yaitu :

  1. Sebagai perayaan untuk memperingati pemberian Taurat kepada Musa di Gunung Sinai. Bagi orang Yahudi Hukum Taurat merupakan pedoman hidup yang harus diikuti, dipegang teguh sebagai umat Nya. Mereka harus bangga sebagai satu-satunya bangsa yang merenima Hukum Taurat dari Tuhan.
  2. Sebagai Ucapan syukur atas hasil Panin. Pada hari raya Paskah orang Yahudi mempersembahkan gandum 1 homer ( 360 liter ) kepada Allah. Dan pada hari Pentakosta dipersembahkan dua ketul roti sebagai ucapan syukur kepada Allah atas selesainya penuaian dan pengumpulan hasil tuaian. Menurut hukum pada hari itu tidak diperkenankanmelakukan pekerjaan berat.

Dengan demikian hari itu merupakan hari yang sangat bersejarah bagi orang Yahudi, dimana secara rohani mereka diingatkan akan adanya hukum Taurat dan secara jasmani mereka diberkati dengan hasil panin, sehingga hari itu merupakan hari ucapan syukur mereka kepada Tuhan.

Pastilah bahwa orang-orang Kristen pada waktu itu juga memaknai perayaan hari Pentakosta dengan nada yang sama dengan orang-orang Yahudi ? untuk itu mereka berkumpul di Yerusalem, mereka berbaur dengan semua orang Yahudi bahkan dengan penganut agama Yahudi dari berbagai penjuru bumi. Mereka tidak lagi merasa takut kepada orang Yahudi, sebab mereka telah memegang janji Tuhan Yesus bahwa Tuhan akan menyertai mereka, bahkan peristiwa pertemuan-pertemuan mereka dengan Tuhan Yesus yang bangkit semakin memantapkan iman para murid akan penyertaan Tuhan. Untuk itulah mereka dengan langkah yang mantap berkumpul di Yerusalem untuk berbagi sukacita pada perayaan Pentakosta tersebut sambil mereka menunggu karya Roh Kudus yang akan memberi  kuasa, memperlengkapi, membaharui  diri para murid.

Jika demikian apa makna Pentakosta bagi kita ? banyak orang Kristen yang  memaknai sebagai hari pencurahan Roh Kudus, dalam kaitan dengan semua fenomena  yang terjadi ( teks bacaan ). Jika semua fenomena tersebut ditarik kepada kehidupan saat ini maka karya Roh Kudus hanya dibatasi dengan fenomena yang terjadi di Kisah Rasul, padahal karya Roh Kudus begitu luas dan luar biasa (Adi kodrati) juga menyentuh hal-hal yang sederhana dalam semua aspek kehidupan orang percaya (termasuk anda). Untuk itu bagi kita perayaan Pentakosta harus dimaknai sebagai hari ucapan syukur atas karya Roh Kudus yang membimbing, memimpin, menyertai, menghibur, menguarkan, memberkati kehidupan kita semua. Amin.

“Makna Pentakosta tidak sekedar menarik semua fenomena dalam Kisah Rasul, tetapi bagaimana Roh Kudus berkarya dengan leluasa mengubah hidup kita, menjadi murid yang setia”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*