suplemenGKI.com

Senin, 17 April 2017

16/04/2017

Kisah Para Rasul 2:22-32

KRISTUS YANG BANGKIT MENYERTAI KITA

PENGANTAR
Bacaan kita hari ini adalah bagian dari khotbah Petrus di Yerusalem, di hari Pentakosta (Kis. 2:14). Dalam khotbahnya, Petrus menegaskan bahwa Kristus sungguh-sungguh bangkit dan hidup. Bagi jemaat Kristen generasi pertama, peristiwa kebangkitan Kristus sangatlah penting. Jika Kristus tidak bangkit, umat Kristen tidak akan pernah terbentuk. Di antara umat Kristen di Gereja Timur di masa lalu, apabila dua orang Kristen berjumpa di hari Paskah, maka yang seorang akan berkata: “Tuhan bangkit.” Dan, seorang yang lain akan menjawab: “Sesungguhnya, Dia sudah bangkit!” Bagi mereka, Kristus yang telah bangkit dan yang hidup itu sungguh hadir dalam kehidupan mereka sehari-hari.

PEMAHAMAN

  • Ay. 22-24. Siapa sajakah orang-orang yang mendengarkan khotbah Petrus pada waktu itu? (lihat 2:5-11). Menurut Anda, apa hubungan mereka dengan kematian Yesus?Apa yang Petrus jelaskan kepada mereka tentang kematian Yesus? (lihat ayat 23-24).
  • Ay. 25-32. Bagaimana cara Petrus menjelaskan kepada mereka bahwa kebangkitan Yesus adalah penggenapan janji Allah kepada mereka sekaligus sebuah fakta sejarah yang tak terbantahkan?

Mereka yang mendengarkan khotbah Petrus pada waktu itu adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang asing yang menganut agama Yahudi. Di antara mereka, memang banyak orang Yahudi yang datang dari luar Yerusalem. Namun, tentu saja, sebagian besar dari mereka adalah orang-orang yang bermukim di Yerusalem dan sekitarnya, yang mengetahui atau bahkan terlibat peristiwa penyaliban Yesus. Kabar tentang kebangkitan Yesus tentunya telah menjadi “berita utama” di antara mereka. Karena itu, sangatlah penting bagi Petrus untuk menjelaskan kepada mereka bahwa kematian Yesus bukanlah sebuah kecelakaan. Meskipun mereka telah menyalibkan Dia dengan penuh kebencian, namun di balik kejadian tersebut, sesungguhnya Allah sedang menggenapi rencana-Nya (ay.23-24).

Petrus kemudian menjelaskan bahwa kematian dan kebangkitan Yesus adalah penggenapan atas nubuat yang telah disampaikan melalui raja Daud (ay. 25-31). Daud telah dipakai Allah untuk melihat ke depan dan bernubuat tentang kebangkitan Kristus. Selain itu, Petrus juga menempatkan dirinya dan murid-murid yang lain sebagai saksi atas kebangkitan Yesus (ay. 32). Ini berarti bahwa kebangkitan Yesus adalah sebuah fakta yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.Allah sendirilah yang telah membangkitkan Dia dari kematian (ay. 24, 32). Petrus menjelaskan semua itu supaya orang-orang Yahudi menerima Yesus sebagai Tuhan dan Mesias mereka (Kis. 2:36).

REFLEKSI
Kristus yang bangkit dan hidup selalu menyertai umat-Nya menghadapi pergumulan hidup sehari-hari.

TEKADKU
Ya Tuhan, aku akan mengawali hari yang baru, yang Engkau berikan kepadaku, dengan mengingat bahwa Yesus Kristus yang telah bangkit itu akan selalu bersamaku.

TINDAKANKU
Dalam setiap doaku, aku akan bersyukur atas kehadiran Yesus Kristus dalam kehidupanku sehari-hari: dalam keluargaku, pekerjaanku, dan pelayananku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«