suplemenGKI.com

Hakim-hakim 6:11-24.

 

Allah Bekerja Melalui Orang Yang Tidak Terduga

 

Pengantar:
Corrie Ten Boom adalah seorang Kristen yang taat dan mendedikasikan hidupnya untuk melayani sesama. Pada perang dunia II, dia dan keluarganya menjadi tempat persembunyian kaum Yahudi yang lolos dari kekejaman Nazi, bukan hanya itu dia juga menolong banyak hal terhadap orang-2 yang menderita karena kekejaman Nazi, sekalipun dia sendiri terancam jiwanya. Corrie menyadari hidupnya hanyalah karunia dari Tuhan, karena itu Corrie bertekad untuk membagikan apa yang ia bisa berikan kepada sesama. Semua itu dilakukan dengan bergantung pada Tuhan. Corrie: “Mencoba melakukan pekerjaan Allah dengan kekuatan sendiri adalah pekerjaan paling membingungkan, namun ketika kita dipenuhi Roh Kudus, kuasa Yesus akan mengalir melalui pekerjaan, pelayanan dan karya kita” Tidak ada tokoh di Alkitab yg dapat melakukan perkara besar tanpa campur tangan Allah. Lihatlah Abraham, Musa, Yosua, Daud, Paulus dsb, mereka adalah manusia biasa yang banyak kelemahan dan dosa namun karena kehendak dan campur tangan Allah mereka kemudian menjadi alat yang Allah pakai luar biasa untuk menyatakan rencana-Nya bagi dunia. Bagaimana dengan Gideon?

Pemahaman:

  • Siapakah Gideon dan mengapa Tuhan memanggilnya menjadi pembebas bagi Israel?
  • Apa bukti pertolongan Tuhan meyakinkan Gideon bahwa Tuhan bisa bekerja melaluinya?

Gideon adalah anak Yoas orang Abiezer dari suku Manasye, bukan suku yang ternama dalam bilangan suku-2 Israel (v. 15) Apa pekerjaan Gideon, mengirik gandum dengan tangan, biasanya dilakukan dengan bantuan ternak, namun mungkin keluarga Yoas tidak mempunyai keledai untuk menarik alat pengirik karena mereka memang bukan keluarga berada. Dalam posisi serba terbatas itulah Tuhan memanggilnya menjadi pahlawan yang akan membebaskan Israel dari cengkeraman Midian. Gideon berdalih ingin menolak panggilan itu (15-16) karena mungkin juga saat itu imannya masih kurang, tetapi Tuhan memahaminya. Satu hal yang bagus dari Gideon, ia berani meminta penegasan dari Allah atas panggilan-Nya (17-19) atas keberaniannya itulah Tuhan menjadikan Gideon mengalami lompatan iman. Tindakan mendirikan mezbah bagi Tuhan adalah sebuah lompatan iman yang akan mengantarnya mengalami kuasa Tuhan yang tidak terduga. Kuasa Tuhan memang sering tidak terduga dalam hidup kita, tetapi itulah yang justu mengasyikan dalam mengikut Tuhan Yesus.

Refleksi:
Apakah anda merasa terlalu lemah dan kecil? jangan takut dengan semua itu, karena jika kita berani melangkah bersama Tuhan, Dia akan membuat kita mengalami lompatan iman.

Tekad:
Tuhan, aku sering merasa kecil, lemah dan serba kekurangan, namun hari ini aku percaya Engkau sangat kuat dan mampu menolongku untuk mengalami lompatan iman sehingga aku dapat melakukan hal-hal yang tidak terduga dari-Mu.

Tindakan:
Mulai sekarang aku ingin mempercayai Tuhan seutuhnya, karena Tuhan sedang menolongku untuk mengalami lompatan iman untuk melakukan hal-hal yang tidak terduga bagi-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*