suplemenGKI.com

ANUGERAH YANG TUHAN BERI MEMPERINDAH GAMBAR DIRI KITA

2 Samuel 23 : 1 – 7

Pengantar
Tidak mudah untuk menggambarkan diri secara baik jika tidak melihat secara utuh seluruh perjalanan hidup kita dalam waktu anugerah TUHAN. Karena itu apa yang digambarkan Daud tentang diri dan keluarganya hanya dapat dimaknai secara baik jika memang telah melalui perjalanan panjang kehidupannya, walau tidak harus dikatakan sampai akhir hidupnya. Jadi bagaimana gambaran Daud tentang dirinya dan juga tentang kehidupan orang-orang dursila? Mari kita memperhatikan apa yang  dituliskan dalam kitab 2 Samuel 23 : 1 – 7 secara baik.

Pemahaman

Ayat 1 – 5   :  Apa makna dari perkataan Daud yang terakhir tentang gambar diri dan keluarganya?

Ayat 6 – 7   :  Bagaimana gambaran masa depan kehidupan orang-orang dursila?

Daud menggambarkan dirinya sebagai orang yang diurapi TUHAN di mana segala yang baik yang muncul dari dirinya itu karena ALLAH yang menumbuhkan. Demikian juga keberadaan setiap orang yang diangkat TUHAN termasuk keluarga Daud. Itu bermakna bahwa pemerintahan yang adil dan pemerintahan yang  takut akan TUHAN, tegaknya perjanjian kekal serta keteraturan dan jaminan dalam segala-galanya hanya mungkin karena TUHAN yang menyatakannya dalam Roh dan Firman-NYA.

Kehidupan yang bersinar seperti fajar pagi, adanya pagi yang tak berawan, dan rumput muda di tanah yang berkilau sesudah hujan adalah gambaran keindahan hidup yang tidak dialami orang-orang dursila. Mereka bagai duri yang dihamburkan dan dihancurkan dengan sebatang besi dan gagang tombak serta api yang membakar habis. Sungguh sebuah situasi yang digambarkan secara sangat berlawanan.

Perkataan Daud yang terakhir ini menjadi jawaban dari harapan yang dijanjikan TUHAN bagi orang-orang yang hidup berkenan kepada-NYA serta hukuman bagi yang melawan kehendak-NYA. Jadi bagaimana gambar diri yang kita pertunjukkan dalam kehidupan ini.

Refleksi
Marilah kita berdiam diri sejenak dan mencoba menggambarkan keberadaan diri kita. Apakah kita telah melihat gambaran kehidupan orang yang mengalami pertumbuhan dari TUHAN pada diri kita? Ataukah kita melihat kehancuran pada diri kita karena mengabaikan firman TUHAN dan kuasa Roh-NYA?

Tekad
TUHAN, berilah saya kemampuan untuk melihat gambar diri sebagai orang yang mengalami pertumbuhan dari TUHAN dan hidup dalam pimpinan firman dan Roh-MU.

Tindakanku
Mulai hari ini saya akan bersyukur dengan keindahan hidup yang TUHAN beri lewat gambar diri yang berkenan kepada-NYA.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*