suplemenGKI.com

Senin, 16 Maret 2020

15/03/2020

BERDOA & MELANGKAH BERSAMA TUHAN

Kejadian 24 : 1-27

 

Pengantar
Harapan akan masa depan anak  tentu saja menjadi pergumulan bagi setiap orang tua. Hal ini yang juga menjadi kerinduan Abraham untuk masa depan Ishak putranya. Melalui bacaan hari ini, kita akan belajar membawa pergumulan masa depan keluarga bersama Tuhan. Ini berarti setia hidup di jalan Tuhan dan selalu memohon petunjuk-Nya dalam doa.  Marilah kita merenungkannya! 

Pemahaman

  • Ayat 1-4         : Apa yang dilakukan Abraham untuk Ishak,  putranya?
  • Ayat 5 – 9      : Mengapa Abraham tidak ingin menikahkan anaknya dengan perempuan Kanaan?
  • Ayat 10 – 14 : Apa yang dilakukan oleh hamba itu dalam perjalanannya ?
  • Ayat 15 – 27 : Apa yang terjadi setelah hamba itu menaikkan doanya ?

Bacaan hari ini mengisahkan pergumulan Abraham akan masa depan Ishak, puteranya. Abraham berupaya mencarikan jodoh buat Ishak. Maka dipanggilnya salah seorang hambanya untuk membuat suatu sumpah yang sangat serius terkait dengan masa depan Ishak (ay 3). Hal penting yang menjadi pesan Abraham untuk hambanya adalah “ jangan mencari seorang perempuan Kanaan menjadi istri Ishak.” Abraham tidak ingin Ishak menikah dengan perempuan Kanaan sebab orang-orang Kanaan mengalami kemerosotan moral, hidup dalam kefasikan. Abraham mengatur rencana agar Ishak mendapatkan istri  dari kerabatnya sendiri. Namun dia tidak ingin Ishak pergi sendiri untuk mencari istri di tengah kerabatnya. Tampaknya Abraham kuatir bila Ishak tinggal menetap di sana sebab sebagai penerus keturunan Abraham, Ishak perlu mendapatkan istri yang baik dan tidak boleh meninggalkan Tanah perjanjian (ayat 6 ) .

Berangkatlah si hamba  untuk mencari seorang istri dari tanah kelahiran Abraham. Ia menuju Aram-Mesopotamia, ke kota Nahor (ay 10). Pada suatu petang berhentilah ia di luar kota dekat suatu sumur, tempat di mana banyak perempuan-perempuan menimba air. Ia pun berdoa agar Tuhan membantunya mencapai tujuannya seturut dengan kasih setia Tuhan yang juga sudah dinyatakan kepada Abraham (ay 11-12).  Ia minta tanda dari Tuhan untuk menjawab permohonan doanya (ay 14). Tidak disangka bahwa Tuhan menjawab doanya sebelum ia selesai menaikkan doanya. Datanglah Ribka putra Betuel (Putra Milka dan Nahor yang merupakan saudara Abraham) membawa buyungnya dan memberikan air bagi hamba itu dan unta-untanya.  Akan tetapi pada ay 21 diceritakan bahwa si hamba  tidak gegabah dan masih menunggu konfirmasi apakah itu adalah jawaban doanya kepada Tuhan. Ia melihat upaya yang dilakukan Ribka sampai semua unta-untanya puas minum, ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan Ribka adalah suatu hal yang dilakukan dengan kerja keras dan tuntas. Ribka bukan sekedar menyanggupi tetapi menyelesaikan apa yang dia lakukan. Kemudian si hamba  memberikan hadiah kepada Ribka dan meminta ijin untuk bermalam di rumah ayahnya. Dan dia pun bersujud  karena Tuhan telah memberkati tugas mulia yang diembannya. Si hamba sungguh mensyukuri kebaikan Tuhan. Ia berbahagia bukan hanya karena merasakan tuntunan Tuhan dalam tugas yang diembannya tapi menjadi saksi atas berkat Tuhan bagi Abraham dan keturunannya.

Refleksi
Dalam keheningan, ingatlah bagaimana tuntunan Tuhan dalam kehidupan keluarga Saudara. Apakah sebagai orang tua,  Saudara menyerahkan masa depan anak-anak kepada Tuhan? Apakah Saudara selalu mendoakan anak-anak? Apakah Saudara selalu mempergumulkan masa depan keluarga bersama Tuhan? Apakah selama ini Saudara meyakini bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga Saudara?

Tekadku
Tuhan, mampukanlah aku untuk menyerahkan masa depan keluarga dan anak-anakku kepada-Mu.

Tindakanku

  • Di tengah tantangan zaman yang tak mudah, aku belajar untuk tidak kuatir atas masa depan keluargaku.
  • Aku akan selalu membimbing anak-anak untuk hidup di jalan Tuhan dan mempercayakan masa depannya dalam Tuhan.
  • Aku akan selalu mengajak keluargaku untuk berdoa memohon tuntunan Tuhan setiap hari.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«