suplemenGKI.com

SENIN, 16 JUNI 2014

15/06/2014

KEJADIAN 21: 1-7

“TANGGALKAN KERAGUANMU”

 

PENGANTAR
Keraguan terhadap Allah bisa muncul kapan saja dalam hidup kita, tanpa pernah kita rencanakan dan bahkan tanpa kita kehendaki. Itulah sebabnya kita perlu terus mawas diri agar kita peka untuk melakukan sesuatu ketika keraguan itu mulai menggoda keteguhan iman kita.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 1-2: Menurut Anda, apa pentingnya pengulangan sebanyak 3 (tiga) kali tentang peranan Allah dalam peristiwa kelahiran Ishak di ayat ini?
  2. Ayat 5 & 7: Menurut Anda, apa pentingnya disebutkan umur Abraham (ay.5) dan kondisi Sara (ay.7) bila dikaitkan dengan peranan Allah yang disebutkan di ayat 1-2?
  3. Berapa lama jarak antara janji tentang keturunan dan penggenapannya dalam hidup Abraham? (Lihat Kej. 12:1-4). Simpulkanlah apa yang Anda pelajari tentang Allah hari ini!

Pengulangan ungkapan “Tuhan memperhatikan Sara, seperti yang difirmankanNya”, “Tuhan melakukan kepada Sara seperti yang dijanjikanNya”, “sesuai dengan firmanNya” dalam peristiwa kelahiran Ishak memberi penekanan pada keajaiban dan kesetiaan Allah. Hal ini diperkuat dengan pengulangan informasi tentang usia Abraham-Sara yang sudah tidak memungkinkan punya keturunan. Keajaiban Allah melampaui akal, rencana, dan cara-cara manusia. Keajaiban Allah nyata pula dalam kesetiaanNya yang tidak lekang oleh waktu, bahkan saat manusia sudah melupakan karena lelah menanti, putus asa dan kehilangan kesabaran serta pengharapan. Penggenapan janji Allah kepada Abraham setelah 25 tahun lamanya hanyalah satu bukti bahwa Allah setia. Pengabulan doa/permohonan hanyalah satu dari sekian banyak cara Allah membuktikan kesetiaanNya pada kita. Karena itu perhatian kita seharusnya melampui persoalan dikabulkan/tidaknya doa kita, melainkan pada keteguhan iman bahwa kita memiliki Allah yang setia.

REFLEKSI
Dalam saat teduh Anda hari ini, ambillah waktu sejenak untuk mengingat kembali dan merefleksi diri:

  • Kapan terakhir kali Anda meragukan kesetiaan Allah? Dalam peristiwa apakah itu?
  • Selama ini, adakah sesuatu yang Anda lakukan untuk bangkit dari keraguan Anda ataukah keraguan itu hanya dapat sirna ketika apa yang Anda inginkan dariNya terkabul? Mana yang lebih sering terjadi pada Anda?

TEKADKU
Ya Tuhan Allah, seringkali kami ini lebih memusatkan perhatian pada pemenuhan janji-janjiMu daripada kehadiranMu dalam hidup kami. Kami lebih sering  menuntut bukti kebesaranMu dengan terpenuhinya doa-doa kami. Ampuni ketika kami meragukan kesetiaanMu.Terima kasih untuk kehadiranMu sebagai Allah yang setia menemani kami dalam berbagai peristiwa kehidupan, baik ketika menggembirakan atau menyedihkan. Biarlah keyakinan ini membuat kami terus beriman teguh kepadaMu, setia kepadaMu, dalam keadaan hidup yang bagaimanapun juga.  Amin.

TINDAKANKU
Memperbaharui keyakinan akan kesetiaan Allah dengan sikap hidup berserah dan percaya pada apapun yang Tuhan izinkan terjadi hari ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«