suplemenGKI.com

Senin, 16 Juli 2012

15/07/2012

MENGGEMBALAKAN ADALAH TANGGUNGJAWABKU

Yeremia 23:1-2

 

Pada jaman  dahulu di Scotlandia ada seorang raja yang bernama James V. Ia adalah seorang raja yang bijaksana dan mengayomi rakyatnya. Acapkali sang raja meninggalkan jubah kebesarannya dan memakai pakaian rakyat jelata. Kemudian ia diam-diam bergerak  dan berjalan-jalan di antara kerumunana rakyat jelata dengan menyamar. Maksudnya ialah supaya ia mengerti persoalan-persoalan dan keluhan-keluhan rakyat. Dengan demikian ia dapat memerintah dengan penuh tanggungjawab. Sungguh alangkah bahagianya apabila memiliki pemimpin yang penuh tanggung jawab. Marilah kita bandingkan dengan perilaku pemimpin dalam bacaan hari ini.

 

Pendalaman Teks Alkitab

  • Ayat 1: Gambaran apakah yang dipakai oleh Yeremia untuk menunjuk  pemimpin Yehuda?
  • Ayat 2: Dalam ayat ini, apakah yang telah dilakukan para ”gembala” terhadap domba-dombanya?
  • Bagaimanakah  tindakan TUHAN terhadap para pemimpin yang tak mampu melaksanakan tanggungjawab mengayomi rakyat?

Renungan

Setiap pemimpin memiliki tanggungjawab mengayomi semua orang yang dipimpinnya. Bila para pemimpin tidak mampu melaksanakan tanggungjawabnya itu, maka yang terjadi adalah kekacauan bahkan penderitaan rakyat. Itulah yang sedang terjadi di tengah masyarakat Yehuda. Ayat 1& 2 ini merupakan seruan ratapan bagi  para gembala yaitu raja Yehuda, Zedekia, dan para pemimpin lainnya  yang telah mengabaikan tanggung jawab mereka menjaga umat milik TUHAN. Pada jaman pemerintahan Zedekia selalu ada kekacauan dan perselisihan namun  Zedekia tak sanggup mengatasinya. Ia malah menyatakan kesetiaannya pada  Raja Babel, Nebukadnezar, yang menjadi musuh  Yehuda. Padahal seharusnya Zedekia dan para pemimpin memiliki sikap yang jelas untuk melindungi dan mengayomi rakyatnya. Mereka tidak melaksanakan tanggungjawab menggembalakan rakyat. Oleh karena itulah  TUHAN, Sang Pemilik kawanan domba akan memperlakukan gembala-gembala palsu itu  sesuai dengan kelakuan mereka.TUHAN akan menghukum mereka karena mereka tak melaksanakan tanggungjawabnya.

Sesungguhnya ayat ini bukan hanya ditujukan kepada Raja Zedekia  dan para pemimpin bangsa tapi juga bermakna bagi kita semua. Mungkin Saudara pemimpin perusahaan, pemimpin gereja, atau pun  pemimpin keluarga,pemimpin bagi teman-teman dan tetangga, pemimpin komunitas apa pun. Apapun jabatan kita, bahkan sekalipun kita bukan pemimpin  namun berada di tengah komunitas umat atau masyarakat, marilah kita mengingat bahwa TUHAN mempercayai kita untuk menjadi gembala yang mengayomi kehidupan orang lain.

Pada tahun 1998,  negeri kita dilanda krisis moneter dan kekacauaan kondisi sosial politik yang membuat masyarakat negeri ini  berada dalam kondisi yang resah, takut dan saling mencurigai. Saat itu terjadi krisis kepercayaan pada pemerintah dan akhirnya terjadilah pergantian kepemimpinan. Era orde baru diganti era  reformasi. Setelah berganti pemimpin, apakah kondisi negeri kita makin aman dan nyaman; seluruh rakyat merasakan pengayoman? Ternyata siapa pun pemimpin negeri ini, masih saja ada kelompok masyarakat yang tidak puas dan menggugat para pemimpinnya sebab sesungguhnya yang dinantikan masyarakat adalah pemimpin yang bisa mengayomi seluruh rakyat dalam keadaan apa pun tanpa kecuali.

Bagaimana dengan kondisi keluarga kita? Seharusnya setiap pemimpin keluarga melaksanakan tanggungjawab menggembalakan anggota keluarga sehingga mereka merasakan ayoman dan perlindungan. Lihatlah ada banyak keluarga yang tercerai berai karena pemimpin keluarga tidak dapat menjalankan tanggungjawabnya. Ketika orang tua sebagai pemimpin keluarga terlalu sibuk dengan urusannya sendiri maka anak-anak akan kebingungan seperti domba tanpa gembala.  Kini, TUHAN bertanya kepada kita: “Gembala, mana tanggungjawabmu?”

 Doa:

TUHAN, berikanlah kami pemimpin sejati yang siap mengayomi seluruh rakyat negeri ini. Berilah kami hati seorang  gembala yang siap menggembalakan kawanan domba.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«