suplemenGKI.com

Senin, 15 April 2019

14/04/2019

UNDANGAN PESTA

Yesaya 25:6-9

 

Pengantar
Pastilah Anda pernah diundang menghadiri sebuah pesta. Ada seseorang yang sangat bahagia saat menerima undangan pesta di sebuah hotel berbintang. Dia merasa tersanjung diundang menghadiri pesta itu. Dia membayangkan pesta meriah dengan hidangan makanan yang lezat. Dia terus menghitung hari dan menanti-nantikannya. Begitulah kiranya yang sedang dirasakan umat TUHAN di jaman nabi Yesaya. Pesta apa yang sedang mereka nantikan? Mengapa mereka menantikan pesta itu? Marilah kita merenungkannya. 

Pemahaman

  • Ayat 6-8 : Bagaimanakah gambaran suasana pesta perjamuan yang diselenggarakan TUHAN di gunung Sion? Mengapa TUHAN menyelenggarakan pesta ini?
  • Ayat 9   :   Bagaimanakah suasana hati umat yang menantikan pesta perjamuan itu?

Bacaan Alkitab hari ini  termasuk dalam bagian I (psl. 1 s.d psl. 39) kitab Yesaya.  Intisari dari kitab Yesaya bagian I ini adalah kabar buruk tentang akan datangnya penghukuman karena bangsa Israel telah berlaku tidak setia terhadap segala hukum dan ketetapan-ketetapan Allah. Israel telah menyembah dan mempersembahkan korban kepada ilah lain. Penghukuman itu akan datang sebab mereka telah mendukakan hati Tuhan. Tuhan menghukum Israel dengan menggerakkan hati bangsa-bangsa lain untuk menghancurkan Israel, baik yang ada di Utara maupun yang ada di Selatan. Sekali pun demikian, Allah akan tetap berbaik hati dan mengurungkan niat-Nya jika bangsa itu berbalik kepada Allah dan bertobat. Maka kemudian nabi Yesaya mengisahkan suatu Pesta Mesianis, suatu Pesta Kemenangan karena keselamatan yang diperoleh dari Allah.

Nabi-nabi Perjanjian Lama sering menggambarkan penyelamatan dari Allah sebagai pesta perjamuan makan bagi para tamu. Umat percaya bahwa keselamatan telah dalam perjalanan menuju mereka. Penyelamatan itu bagaikan sebuah meja pesta yang diisi banyak makanan yang baik dan minuman yang segar. Inilah suatu jamuan ucapan syukur; suatu pesta di mana terhidang makanan sangat enak yang digambarkan dengan makanan yang berlemak dan bersumsum. Pesta ini juga dipenuhi oleh berlimpahnya anggur pilihan yang tua. Tradisi anggur tua ini merupakan tradisi khas bangsa-bangsa yang tanahnya menghasilkan anggur serta tumbuhnya industri anggur sejak yang berabad-abad usianya. Kata mereka, anggur  makin tua makin enak.

Sesungguhnya gambaran pesta dalam Perjanjian Lama, yakni Pesta Keselamatan atau kemenangan atas musuh bahkan maut merupakan gambaran Kemenangan Mesias yang kita lihat terjadi dalam Perjanjian Baru, tatkala Tuhan Yesus bukan saja lahir di dunia sebagai Anak Allah dan Anak Manusia, tetapi juga lewat pengorbanan-Nya di salib. Dia telah mati menggantikan kita.

Kini kita juga menerima undangan untuk menghadiri Pesta Mesianis itu. Siapkah kita? Maukah kita memenuhi undangan itu? Seharusnya kita menerima undangan dan hadir dalam Pesta Mesianis itu; Pesta Anak Domba Allah yang dikorbankan bagi keselamatan kita semua. Namun untuk hadir dalam pesta itu, kita perlu mengenakan pakaian Pesta Mesianik yaitu pakaian pertobatan; pakaian Manusia Baru.

Refleksi
Dalam keheningan, pandanglah salib Kristus. Apakah yang Anda rasakan ketika memandang salib Kristus? Apakah Anda merasa sebagai orang berdosa yang telah mendapat anugerah pengampunan yang besar? Apakah Anda bersukacita menyambut anugerah itu bagaikan sukacita orang yang diundang dalam pesta besar?

Tekadku
Ya Tuhan, mampukanlah aku untuk selalu percaya dan menyerahkan diri pada kasih karunia-Mu yang menyelamatkan.

Tindakanku
Dengan sukacita aku mempersiapkan diri menyambut undangan Perjamuan kudus di hari Jumat Agung. Aku akan bertobat dari segala dosa-dosa yang telah membawaku jauh dari Tuhan. Mulai hari ini aku akan bertobat dari……………. ( sebutkanlah dosa yang masih Anda lakukan!)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«