suplemenGKI.com

Senin, 14 MEI 2018

13/05/2018

Kisah Para Rasul 2:1-13

ROH KUDUS: PENGHIBUR YANG MEMAMPUKAN & MEMPERLENGKAPI UMAT

 

Pengantar
Bagi sebagian orang menanti adalah sebuah hal yang membosankan dan menjemukan. Seorang suami yang menunggu istri yang tengah berbelanja di pasar, menunggu kendaraan yang tengah diperbaiki di bengkel, adalah contoh bahwa menanti merupakan pekerjaan yang membosankan dan menjemukan. Bagi yang lain menanti menimbulkan kecemasan dan kegelisahan. Seorang suami yang tengah menanti proses persalinan istri tentu mengalami kecemasan dan kegelisahan. Sama halnya ketika tengah menghadapi pergumulan yang sangat berat, menanti jawaban dan pertolongan TUHAN menimbulkan kegelisahan.

Para murid dan pengikut Yesus berada di Yerusalem menantikan janji kedatangan Penghibur. Mereka menanti dengan kegelisahan dan kecemasan. Kegelisahan dan kecemasan itu berakhir saat Roh Kudus turun atas mereka.

Pemahaman

Ayat 1-4       Apa yang terjadi saat hari raya Pentakosta?

Ayat 5-13     Bagaimana tanggapan orang-orang yang menyaksikan peristiwa itu?

Para murid dan pengikut Yesus lainnya tengah berada di Yerusalem saat perayaan Pentakosta. Disaat perayaan Pentakosta sedang berlangsung terjadilah sebuah peristiwa yang mencengangkan, muncul bunyi yang sangat keras seperti angin yang tengah bertiup kencang. Lalu tampak lidah-lidah seperti nyala api bertebaran dan hinggap dalam diri mereka. Lalu mulailah mereka dipenuhi Roh Kudus dan berkata-kata dalam bahasa lain yang berbeda-beda.

Semua orang yang ada disana melihat peristiwa itu dan tercengang-cengang. Mereka bertanya-tanya mengapa dan bagaimana semua bisa terjadi? Para murid dan pengikut Yesus adalah orang-orang Galilea namun mereka berkata-kata menggunakan bahasa yang berbeda-beda. Dalam berbagai macam bahasa yang berbeda mereka menceritakan perbuatan-perbuatan besar Allah. Namun yang lain menganggap para murid dan pengikut Yesus mabuk.

Peristiwa turunnya Roh Kudus adalah tanda bahwa Allah tidak pernah ingkar janji. Janji hadirnya Penghibur yaitu Roh Kudus telah digenapi di hari raya Pentakosta. Hadirnya Roh Kudus untuk menegaskan bahwa Allah tidak pernah meninggalkan umat-Nya. Allah terus memampukan dan menolong umatNya untuk memberitakan karya dan kebesaran Allah kepada seluruh ciptaan

Refleksi
Mari kita melihat perjalanan kehidupan kita, bagaimana Tuhan memberikan pertolongan dalam segala pergumulan kita? Bagaimana janji Tuhan sungguh nyata lewat kekuatan yang Ia berikan dalam setiap penantian melewati permasalahan hidup? Dan apakah kini kita masih ragu akan penyertaan-Nya bagi kita?

Tekadku
Tuhan, mampukan kami untuk tetap setia berpegang pada janji-Mu. Dalam pergumulan hidup kami kuatkanlah iman kami agar tidak goyah dan menjauh dari Tuhan. Berilah kami semangat untuk menjalani hidup seturut kehendak-Mu karena kami percaya Roh Kudus hadir memampukan dan memperlengkapi hidup kami.

Tindakanku
Aku mau mengawali hari dengan bersaat teduh merenungkan firman Tuhan sehingga tiap pagi selalu diingatkan bahwa Tuhan tidak pernah ingkar janji dalam menuntunku bahkan di saat terberat dan terkelam dalam hidup.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«