suplemenGKI.com

Bacaan : Amsal 9 : 1 – 6

Tema : Jadilah orang Berhikmat

PENGANTAR
Di zaman yang serba modern ini kita di perhadapkan dengan berbagai macam persoalan di tengah guncangan dan perubahan global. Dari persoalan pekerjaan, keluarga, moralitas dls. Untuk dapat melalui semuanya itu maka di perlukan sesuatu yang survive. Apakah sesuatu yang survive itu ? renungan hari ini adalah jawabannya.

PEMAHAMAN

  1. Bagaimana penulis kitab Amsal ini mengajarkan tentang hikmat ? ( ayat 1-6 )
  2. Di mana hikmat itu dapat kita temukan ?
  3. Bagaimana penulis Amsal mengajar kita tentang kehidupan yang berhikmat ?

Hikmat atau hikmah ( Wisdom ) adalah pengertian atau pemahaman yang mendalam tentang orang, benda, situasi atau peristiwa yang menghasilkan kemampuan untuk menerapkan penilaian dan perbuatan berdasarkan pengertian dan cara pandang Allah.

Dalam amsal ini ditegaskan bahwa Tuhanlah yang memberi hikmat. Bahkan secara eksplisit amsal menyatakan bahwa pengetahuan dan kepandaian berasal dari Tuhan. Pengetahuan dan kepandaian dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan persoalan. Kita berada dalam kehidupan dunia yang penuh dengan konflik, dendam, intoleran dan berbagai macam persoalan yang lain. Jika kita tidak berhati-hati maka kita akan terseret dan tergilas oleh kejamnya dunia. Banyak orang yang dengan mudah terseret dan tergilas oleh kejamnya dunia, karena mereka menghadapi konflik dengan kekuatannya sendiri.  Maka dari itu kita baik secara pribadi maupun komunitas, kita membutuhkan hikmat Tuhan. Bagaimana caranya ? Ayat 10 mengatakan, “Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan”. Takut akan Tuhan berarti memiliki keintiman dengan Tuhan dan menjalani hidup menurut kehendak-Nya. Itu berarti kita harus terus berdoa agar Tuhan menganugerahkan hikmat-Nya. Sehingga kita mampu menjalani kehidupan dengan baik sambil memasyurkan nama-Nya. Amin.

REFLEKSI
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak untuk merenungkan.

  • Ketika anda menghadapi konflik yang sangat berat, bagaimana anda menghadapinya dan  mencari jalan keluar  ?

TEKADKU
Ya Tuhan tolonglah saya agar mampu menghadapi setiap persoalan kehidupan yang sangat sulit sekalipun dengan meminta hikmat-Mu.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya akan berusaha mengandalkan Tuhan dalam menghadapi persoalan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«