suplemenGKI.com

Daniel 12:1-3.

 

“Hidup Bijaksana Menyongsong Akhir Zaman”

Pengantar:
Berbagai fenomena alam yang terjadi dan bencana-bencana alam yang melanda bumi di sepanjang waktu ini rupanya sangat menggelitik banyak pihak, sehingga tidak sedikit yang kemudian menafsirkan peristiwa-peristiwa tersebut sesuai dengan kehendak dan pemahamannya masing-masing. Misalnya ada pihak-pihak tertentu yang dengan tegas menyimpulkan bahwa semua peristiwa, kejadian dan fenomena alam itu adalah tanda-tanda akhir zaman sudah diambang pintu. Pernyataan-pernyataan demikian sah-sah saja, tetapi akan jauh lebih bijaksana apabila semuanya disikapi dengan berpegang pada kebenaran firman Tuhan. Alkitab telah menegaskan bahwa hanya Bapa saja yang tahu kapan akhir zaman itu akan tiba (Mat 24:36) Bagaimanakah kita harus hidup untuk menyongsong akhir zaman tersebut? Mari kita belajar hidup bijaksana dalam menyongsong akhir zaman melalui kebenaran firman Tuhan hari ini.

Pemahaman:

  1. Apakah pesan utama yang hendak disampaikan melalui pernyataan di ayat 1?
  2. Bagaimanakah seharusnya kita sebagai anak-anak Tuhan hidup di zaman akhir ini? (v. 3)

Jika kita cermati dengan baik pernyataan di ayat 1, pesan pentingnya adalah hendak menunjukkan bahwa akan terjadi suatu masa kesesakan besar yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah kehidupan. Hal itu berbicara bahwa di akhir zaman akan terjadi  banyak: kesulitan, penderitaan, kesusahan dan penganiayaan yang dilakukan oleh penguasa-penguasa: politik, hukum, ekonomi yang bertindak dengan serakah, tidak adil dan dikendalikan oleh hawanafsu duniawi demi kepentingan pribadi dan golongannya. Selain itu juga akan bermunculan penyesat-penyesat dengan segala ajaran-ajaran palsunya. Dalam kondisi demikian, kita sebagai anak-anak Tuhan harus memiliki keyakinan iman yang jelas dan benar kepada Tuhan Yesus. Pernyataan “barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam kitab itu” hendak menjelaskan posisi iman kita menjelang akhir zaman, apakah kita adalah anak-anak Tuhan yang sungguh-sungguh setia, taat dan berpegang teguh dalam iman kepada Kristus ataukah kita hanyut oleh berbagai ajaran sesat? Iman yang benar pasti akan tampak melalui kesaksian hidup yang benar, kesetiaan mengiringi Tuhan Yesus dan ketaatan melayani Tuhan dengan tulus, sehingga hidup kita boleh dikatakan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan seperti bintang-bintang, tetap bersinar untuk selama-lamanya (v. 3) Itulah tanda-tanda hidup bijaksana menyongsong akhir zaman.

Refleksi:
Mari merenung sejenak. Sejauh mana saudara mempersiapkan diri dengan hidup bijaksana dalam rangka menyongsong akhir zaman?

Tekadku:
Tuhan Yesus, saya bertekad untuk hidup bijaksana dengan tetap setia mengiringi-Mu dan taat melayani-Mu sampai akhir zaman itu tiba.

Tindakkanku:
Belajar dan berjuang terus hidup dalam iman yang benar dan jelas di dalam Tuhan Yesus Kristus, agar hidup ini bercahaya memancarkan terang kemuliaan Tuhan bagi sesama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*