suplemenGKI.com

Senin, 12 Juni 2017

11/06/2017

Keluaran 19:1-8

 

Ganjaran Bagi Yang Berpegang Pada Firman Tuhan

Pengantar:
Kata “ganjaran” biasa dikenakan pada pihak yang perilakunya bersifat negatif, misalnya: seorang pemain sepak bola akan diganjar dengan kartu kuning atau kartu merah apabila pemain tersebut melakukan pelanggaran yang sifatnya merugikan pihak lawan. Namun kata “ganjaran” juga bisa dikenakan kepada pihak yang mempunyai prestasi, misalnya: pebulutangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamulyo dan Marcus Gideon Fernaldi diganjar dengan bonus oleh PBSI karena prestasinya meraih gelar All England 2017, dsb. Bacaan hari ini adalah kisah perjalanan Bangsa Israel di padang gurun menuju tanah perjanjian. Dalam perjalanan tersebut sangat mungkin mereka akan berhadapan dengan banyak godaan yg bisa membuat mereka tidak taat kepada Tuhan. Tuhan berfirman: akan menjadikan mereka harta kesayangan-Nya dan menjadikan Israel kerajaan Imam dan bangsa yang kudus apabila bangsa Israel tetap menjaga ketaatan dan berpegang teguh pada firman-Nya, walaupun harus berhadapan dengan banyak godaan dan cobaan.

Pemahaman:

  1. Apakah latar belakang pernyataan Tuhan kepada bangsa Israel di ayat 5-6?
  2. Bagaimana respon umat Israel atas pernyataan Tuhan itu? (v. 7-8)

Ketika bangsa Israel berada di padang gurun Sinai, Tuhan berfirman kepada mereka melalui hamba-Nya Musa. Firman Tuhan itu sebetulnya berupa pengingatan bagi bangsa Israel, tentang bagaimana Tuhan membebaskan mereka dari perbudakan Mesir (Lih. v. 3-4) Pernyataan Tuhan “kamu sendiri telah melihat apa yang Kulakukan kepada orang Mesir, dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepada-Ku” adalah hendak mengingatkan Israel bahwa mereka bisa bebas dari perbudakan Mesir adalah karena kuasa Tuhan. Namun Tuhan memahami bahwa Israel adalah bangsa yang begitu mudah berpaling dari Tuhan manakala berhadapan dengan persoalan dan tantangan, dalam Kel 17:1-7 adalah salah satu bukti kerapuhan bangsa Israel ketika harus berhadapan dengan kesulitan, mereka begitu mudah menyalahkan dan melawan Tuhan. Allah meminta mereka untuk sungguh-sungguh mendengarkan firman dan berpegang pada perjanjian-Nya, maka Tuhan akan menjadikan mereka “harta kesayangan-Nya dan Kerajaan Imam” Artinya: jika bangsa Israel setia berpegang dan taat pada firman Tuhan, maka mereka mengerti bahwa mereka adalah milik kesayangan Tuhan.

Refleksi:
Apakah saudara memahami bahwa ketika saudara ditebus dosanya, maka saudara adalah milik kesayangan Tuhan? Apakah respons saudara jika saudara tahu bahwa saudara adalah milik kesayangan Tuhan!

Tekadku:
Tuhan, tolonglah agar saya mengerti bahwa saya adalah milik kesayangan Tuhan.

Tindakkanku:
Mengingat bahwa saya adalah milik kesayangan Tuhan, maka saya harus berjuang menyenangkan Tuhan lewat karya nyata dalam hidup saya, misalnya setia beribadah setiap minggu kepada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«