suplemenGKI.com

Maleakhi 4 : 1 – 2

PEMULIHAN ORANG BENAR DI HARI TUHAN

 

 

Pengantar
Api dan panas dapat membawa suasana dan akibat yang tidak selalu sama bagi lingkungan di sekitarnya, atau yang tersentuh olehnya. Api dan panas dapat memurnikan serta menghangatkan tapi juga dapat menghancurkan. Dan jika hal ini diberlakukan dalam kehidupan manusia, maka ada peristiwa dan kejadian yang dapat digambarkan sebagai kehadiran api dan panas yang memberi suasana dan akibat yang berbeda, yaitu pada saat datangnya hari TUHAN. Karena itu mari kita memperhatikan apa yang dinyatakan dalam Maleakhi 4 : 1 – 2.

Pemahaman
Ayat 1   :  Bagaimana penggambaran tentang hari TUHAN ?
Ayat 2   :  Bagaimana gambaran kehidupan orang yang takut akan nama TUHAN pada hari tersebut ?

Dalam ayat 1, Maleakhi menggambarkan hari TUHAN seperti perapian yang melambangkan pemusnah-an, sebagaimana seorang petani membakar jerami untuk memusnahkannya sampai ke akar-akarnya.     Di hari TUHAN, orang-orang benar akan dipulihkan dan orang-orang-orang jahat akan dimusnahkan.

Pemulihan orang -orang benar ini dijelaskan dalam ayat 2. Lambang yang digunakan di sini adalah “surya kebenaran” (matahari) yang “sayapnya” (cahayanya) memiliki kekuatan alamiah yang menyembuhkan. Karena itu, bagi orang-orang benar, hari TUHAN adalah hari yang penuh sukacita. Mereka akan bersuka-cita seperti anak lembu yang keluar dari kandangnya, berjingkrak-jingkrak menikmati padang rumput yang luas. Pemulihan  dan sukacita disediakan bagi orang yang takut akan nama TUHAN. Mereka adalah orang-orang yang menaruh hormat kepada TUHAN, baik dalam ibadah maupun dalam perilaku sehari-hari.

Refleksi
Marilah kita merenungkan, apakah selama ini kita telah menjadi orang yang menaruh hormat dan takut kepada TUHAN? Apakah selama ini ada peristiwa dan kejadian yang membuat kita merasakan sukacita karena sikap hormat dan takut kita kepada TUHAN ? Bagaimana pemulihan dan pemurnian itu kita alami?

Tekad
Ya TUHAN, tolonglah saya untuk dapat mewujudkan sikap hormat dan takut kepada TUHAN agar dapat mengalami pemulihan dan pemurnian hidup yang membawa sukacita di dalam TUHAN.

Tindakan
Mulai hari ini, saya akan mewujudkan sikap hormat dan takut kepada TUHAN dengan makin serius dan setia menjalankan firman-NYA.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*