suplemenGKI.com

Senin, 11 Mei 2020

10/05/2020

JALAN TERBAIK DARI TUHAN

Keluaran 13 : 17 – 22

PENGANTAR
Jika saudara akan bepergian keluar kota, maka jalan tol adalah pilihan utama. Mengapa ? Karena kita berpikir bahwa dengan masuk jalan tol maka kita akan melenggang lancar tanpa menemui hambatan atau kemacetan, sehingga kita akan cepat sampai di tujuan.  Namun kenyataannya ketika kita masuk jalan tol justru seringkali kita menemui hambatan atau kemacetan, sehingga terlambat sampai tujuan. Bacaan Alkitab hari ini menunjukkan bahwa Tuhan tidak memilih “jalan tol” dari Mesir ke Kanaan bagi bangsa Israel pada waktu itu. Mengapa ? Renungan hari ini akan menjawab pertanyaan tersebut.

PEMAHAMAN

  1. Mengapa Tuhan tidak menuntun umat Israel melalui jalan yang terdekat, agar cepat sampai di Tanah Perjanjian ? ( ayat 17-18 )
  2. Apakah Tuhan tidak salah menuntun umat Israel melalui padang gurun ? Apakah buktinya kalau tuntunan Tuhan itu tidak salah ? ( 21-22 )
  3. Bagaimana tuntunan Tuhan dalam hidup saudara ?

Menurut banyak penafsir Alkitab, jarak tempuh dari Mesir ke Kanaan, seharusnya bisa dicapai dalam jangka waktu 11 sampai 14 hari ( berjalan kaki ). Namun dulu, Israel menempuhnya dengan “jalan memutar”, sehingga memerlukan waktu 40 tahun perjalanan sebelum tiba di tanah perjanjian Kanaan.  Lalu apa alasan Tuhan tidak menuntun umat Israel, melalui “jalan tol” yang lebih cepat sampai tujuan ? Ayat 17 menjelaskan alasannya, “Jangan-jangan bangsa itu menyesal apabila mereka menghadapi peperangan dan kembali ke Mesir”. Ini berarti bahwa, jika bangsa Israel melewati “jalan tol” yang hanya di tempuh 11 hari, mereka akan berperang melawan bangsa Filistin yang sudah mahir dalam berperang. Sedangkan bangsa Israel belum punya pengalaman berperang. Akibatnya, mungkin umat Israel akan bersungut-sungut, macet secara rohani, memberontak kepada Tuhan dan akan kembali ke Mesir. Itulah sebabnya Tuhan menuntun umat Israel melalui “jalan memutar” menuju tanah perjanjian Kanaan.

Tuhan menuntun umat Israel melalui “jalan memutar”, adalah jalan yang terbaik agar umat Israel mengerti dan merasakan penyertaan Tuhan. Jalan terbaik untuk tiba di tempat tujuan seringkali bukanlah melalui jalan tol yang katanya lebih cepat, tetapi merupakan jalan memutar dimana Tuhan menyatakan pimpinan-Nya melalui tiang awan dan tiang api. ( ayat 21-22 ). Dengan tidak beralih tiang awan itu tetap ada pada siang hari dan tiang api pada malam hari berada di depan umat Israel. Tuhan selalu ada dalam setiap langkah umat-Nya, menuntun dan membimbing mereka, agar mereka semakin mengenal rencana dan kehendak-Nya.

Tuhan Allah juga selalu menuntun perjalanan kehidupan kita. Dalam keadaan apapun, sehat atau sakit, sukses atau gagal, dalam pergumulan dan persoalan sesungguhnya Tuhan Allah hadir menyertai dan menjaga kita. Oleh sebab itu marilah kita percaya dan mempercayakan hidup kita kepada Tuhan Yesus.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Apakah anda menyadari kehadiran Tuhan yang selalu menjaga hidup anda ?

TEKADKU
Terima kasih Tuhan untuk kehadiran-Mu dalam hidupku.

TINDAKANKU
Sungguh, saya mengucap syukur kepada Tuhan Yesus yang menuntunku di jalan yang terbaik.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«