suplemenGKI.com

Senin, 11 Juni 2018

10/06/2018

Bacaan : Yehezkiel 17 : 1 – 21

Tema : Tuhan merendahkan orang yang tidak setia

PENGANTAR
Tuhan itu penuh kasih sayang kepada umat pilihan-Nya. Ketika umat hidupnya berkenan dan melakukan setiap perintah-Nya maka Tuhan akan melindungi dan memberkati. Namun sebaliknya, ketika umat hidupnya melanggar dan memberontak kepada-Nya maka Tuhan akan menghukum mereka. Hal itu dilakukan Tuhan agar umat dapat menjalani hidup dengan percaya dan bersandar hanya kepada-Nya.

PEMAHAMAN

  1. Bagaimana Tuhan menegur bangsa Israel  melalui teka-teki dan perumpamaan ? ( ayat 1-6 ) apakah maknanya ? ( ayat 11-12 )
  2. Siapa yang dimaksud dengan rajawali besar yang lain dan siapa yang mengarahkan ke burung itu ? ( ayat 7-8 ). Mengapa mengarahkan ke burung rajawali yang lain ?  ( ayat 13-18)
  3. Apa yang Tuhan kehendaki dalam kehidupan umat dalam kondisi hidup yang sulit ? ( ayat 19-21 )

Tuhan berulangkali menyampaikan Firman-Nya kepada umat Israel atas ketidaksetiaan Israel kepada Tuhan. Tuhan menginginkan agar umat Israel selalu bergantung kepada-Nya dalam segala situasi, baik ketika mereka aman maupun dalam ancaman. Namun mereka seringkali bersekutu dengan bangsa-bangsa lain plus kepada dewa-dewa mereka demi sebuah keamanan dan kesejahteraan mereka. Pada saat mereka bergantung kepada berhala-berhala itulah maka Tuhan Allah menegur bangsa Israel agar mereka bertobat. Namun teguran Tuhan melalui nabi Yehezkiel tidak di indahkan. Akibatnya : Tuhan mengirim rajawali besar yaitu raja Nebukadnezar dari kerajaan Babel datang ke Yerusalem ( 3,12 ) membawa pucuknya yaitu raja Yoyakhim kerajaan Yehuda  diangkut ke Babel ( 11-16 ). Kemudian raja Nebukadnezar menempatkan seorang keturunan raja untuk memimpin sisa rakyat Yehuda sebagai raja – orang tersebut adalah raja Zedekia.

Raja Nebukadnezar mengikat perjanjian dengan raja Zedekia agar raja Zedekia bekerja dalam ketaatan kepada Nebukadnezar. Namun dengan berjalannya waktu raja Zedekia mengarahkan pandangannya kepada rajawali besar yang lain yaitu Mesir untuk meminta bantuan militer kepada Firaun di Mesir. Dengan meminta bantuan kepada Mesir maka raja Zedekia telah mengkianati perjanjian dan memberontak kepada raja Nebukadnezar. Akibatnya raja Zedekia mendatangkan maut bagi dirinya sendiri. Angin Timur yaitu pasukan Babel datang menyerbu dan mengangkut raja Zedekia ke Babel. Ia dihukum di Babel hingga meninggal dunia di Babel.

Tuhan menginginkan umat-Nya taat dan bersabar  ketika menghadapi kesulitan, apalagi jika hal itu disebabkan oleh kesalahannya sendiri. Jangan sampai memberontak, apalagi menggantikan Tuhan dengan orang lain sebab Tuhan akan mengangkat orang-orang yang direndahkan dan tertindas yaitu orang-orang yang mencari dan mengandalkan Tuhan. Amin.

REFLEKSI
Renungkanlah : Jika anda melakukan kesalahan dan anda ditegur Tuhan, bagaimana sikap saudara ? dan jika anda menderita akibat kesalahan anda, siapakah yang anda andalkan ?

TEKADKU
Ya Tuhan, tolonglah saya agar saya memiliki kepekaan hati nurani terhadap teguran-Mu.

TINDAKANKU
Saya harus mengasah kepekaan hati nurani agar dapat mendengar teguran Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«