suplemenGKI.com

1 Tesalonika 5:1-11

“BERJAGA-JAGA”

PENGANTAR

Melanjutkan topik mengenai kedatangan Yesus yang kedua di perikop sebelumnya (yang disebut parousia), Paulus merasa perlu menegaskan mengenai waktunya dan sikap yang tepat dalam menantikan kedatangan Kristus yang kedua kali.

PEMAHAMAN

Sejak dulu hingga sekarang kita sering berjumpa dengan perkiraan bahkan ramalan mengenai tahun, bulan, tanggal dan bahkan jam kedatangan Kristus itu. Bagaimana Paulus bersikap terhadap hal ini?

  1. Ayat 1-2: Apa yang hendak ditegaskan Paulus tentang kedatangan Kristus yang kedua dengan ilustrasi kedatangan seorang pencuri? (bandingkan dengan Matius 24:42-44)
  2. Ayat 3: Sikap seperti apakah yang harus dihindari dalam menantikan kedatanganNya?
  3. Ayat 4-10: Kepada jemaat Tesalonika Paulus juga menjelaskan sikap yang benar dalam menantikan kedatanganNya. Apa hubungannya dengan status/ keberadaan mereka sebagai orang-orang Kristen? Bagaimana seharusnya mereka bersikap?

Rasa penasaran mendorong beberapa tokoh Kristen mencoba meramal waktu kedatangan Yesus yang kedua kali, meski dengan informasi dan petunjuk yang sangat minim. Rasa ingin tahu juga yang membuat banyak orang Kristen percaya kepada ramalan-ramalan tersebut. Namun seperti yang ditegaskan Paulus – dan juga telah diajarkan oleh Yesus sendiri – waktu parousia itu tidak mungkin kita ketahui. Kita tidak bisa menghindarkan diri dari ketidakpastian waktu kedatanganNya. Namun, kita tidak perlu gelisah, melainkan harus berjaga-jaga. Ilustrasi yang diberikan – seperti kedatangan seorang pencuri – cukup jelas menggambarkan misteri waktu parousia, yaitu ketidakpastian yang membuat kita harus berjaga-jaga.

Paulus juga menegur orang-orang yang merasa aman sehingga membiarkan dirinya lengah. Kepastian keselamatan itu tidak boleh menjadi alasan untuk tidak lagi berjaga-jaga. Sungguh memprihatinkan melihat banyak orang Kristen hidup dengan sikap yang salah seperti itu. Mereka tidak lagi berjaga-jaga, tidak lagi mempelajari firmanNya, tidak lagi berdoa, tidak lagi terlibat di dalam pelayanan, dan bahkan membiarkan dirinya hidup di dalam dosa.

REFLEKSI

Renungkanlah: Apakah kebenaran tentang kedatangan Kristus memberikan dampak yang signifikan dalam diri orang-orang Kristen di hari-hari ini?  Mengapa kita perlu prihatin jika mengamati orang-orang di gereja tidak terlalu menganggap penting kedatangan Kristus yang kedua kali?  Apa yang salah dan perlu dibenahi menurut Anda? Setidaknya dalam komunitas persekutuan Anda di gereja kita.

TEKADKU

Ampunilah Tuhan jika ketidakpastian waktu kedatanganMu bukannya membuat kami senantiasa berjaga-jaga, melainkan sibuk dengan ramalan yang tidak pasti dan tidak menjaga diri kami sendiri siap menyambutMu kelak. Tolonglah kami Tuhan. Amin

TINDAKANKU

Adakah bagian tertentu dalam hidup Anda yang jelas Tuhantidak suka temukan dalam diri Anda saat Anda menyambutNya nanti?Apa yang akan Anda lakukan sebagai langkah konkrit Anda berjaga-jaga?

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*